Yuk Simak, Berikut 5 Kebiasaan Yang Dapat Memicu Penyakit Ginjal, Salah Satunya Sering Bergadang
Ilustrasi organ ginjal. Freepik
15:55
25 September 2024

Yuk Simak, Berikut 5 Kebiasaan Yang Dapat Memicu Penyakit Ginjal, Salah Satunya Sering Bergadang

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, seperti halnya jantung dan paru-paru. Organ ini berfungsi untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jika ginjal rusak, kondisi tersebut akan sangat berdampak pada organ tubuh lainnya hingga memicu berbagai masalah kesehatan. Pada dasarnya, penyakit-penyakit tertentu bisa memicu penurunan fungsi ginjal.

Selain kondisi medis, ada beberapa kebiasaan yang juga bisa merusak ginjal. Berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu ginjal rusak.

1. Banyak Konsumsi Makan Olahan

Dilansir laman halodoc.com. Sering makan makanan olahan adalah sumber natrium dan fosfor yang tinggi. Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan mereka.

Banyak pasien ginjal yang harus membatasi asupan fosfor dalam makanannya. Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi pada makanan olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan jantung.

2. Bergadang

Dilansir laman mayapada hospital.com. Kebiasaan begadang lama kelamaan tidak akan ada baiknya bagi kesehatan, justru bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Istirahat malam yang baik sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk ginjal Anda.

Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu koordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

3. Mengkonsumsi Daging Berlebihan

Daging yang kita konsumsi sebenarnya akan menghasilkan asam dalam darah.Banyak makan daging akan menghasilkan asam tinggi dalam darah yang berbahay bagi ginjal. Akibatnya, bisa menyebabkan penyakit ginjal yang disebut asidosis.

Itu suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asa dengan cukup cepat. Protein hewani, seperti daging, mungkin dibutuhkan untuk pertumbuhan, meliharaan, dan perbaikian semua bagian tubuh.

Namun, makan daging harus sewajarnya yang diimbangi dengan asupan sayuran dan buah

4.Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol berlebihan secara teratur telah ditemukan dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis. Minum alkohol berlebihan didefinisikan dengan mengkonsumsi lebih dari 4 gelas sehari.

Peminum berat yang juga merokok memiliki risiko masalah ginjal yang lebih tinggi. Perokok yang juga peminum berat memiliki sekitar 5 kali kemungkinan mengembangkan penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan.

5. Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya menyebabkan penyakit paru-paru dan jantung. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Orang yang merokok lebih mungkin memiliki protein dalam urin, tanda kerusakan ginjal.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #berikut #kebiasaan #yang #dapat #memicu #penyakit #ginjal #salah #satunya #sering #bergadang

KOMENTAR