Bye-Bye Sakit Kepala! Ini Dia 6 Obat Herbal Alami yang Manjur
Ilustrasi sakit kepala. (Freepik)
15:24
23 September 2024

Bye-Bye Sakit Kepala! Ini Dia 6 Obat Herbal Alami yang Manjur

Sakit kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang hampir pernah dialami setiap orang. Meski sering kali hilang dengan sendirinya, sakit kepala juga kerap menyiksa. Di samping obat medis, beberapa orang juga kerap menggunakan obat herbal demi segera mengatasi sakit kepala.

Lantas, apa saja bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala? Bagaimana khasiatnya? Simak rangkumannya seperti ditulis Suara.com, Sabtu (21/9/2024).

Pilihan obat herbal alami untuk sakit kepala

Dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal berikut beberapa orang merasa sakit kepalanya bisa mereda.

Baca Juga: 5 Obat Herbal Batuk Pilek dengan Bahan Rumahan, Bisa Dibuat Sendiri Loh!

1. Jahe

Puna jahe di dapur? Rempah-rempah ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala tegang hingga migrain.

Beberapa studi telah menyebutkan bahwa manfaat jahe untuk mengatasi sakit kepala hampir serupa dengan sumatriptan, salah satu obat sakit migrain.

2. Biji ketumbar

Di India, biji ketumbar sudah lama dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai penyakit, mulai dari sakit kepala sampai diabetes.

Baca Juga: Gejala Tersembunyi Sindrom Metabolik: dari Haus Berlebihan hingga Perubahan Kulit

Untuk memanfaatkan biji ketumbar, Anda bisa merendamnya dengan air panas, lalu hirup uap yang dihasilkan.

3. Kafein

Bagi beberapa orang, kafein memang bisa memicu sakit kepala, tetapi ada pula yang justru merasakan sebaliknya. Namun, ini bukan berarti Anda bisa minum kafein berlebihan.

Secara umum, orang dewasa memiliki batasan kafein sebanyak 200 mg per hari atau sekitar 2 cangkir kopi. Ingat, kafein tidak hanya ada dalam kopi, tetapi juga minuman lain, termasuk teh dan cokelat.

4. Cuka apel

Obat herbal untuk mengatasi sakit kepala berikutnya adalah cuka apel. Tak perlu dikonsumsi, Anda cukup menghirup uap hangat dari cuka apel yang dipanaskan.

Manfaat ini dipercaya bisa didapatkan berkat kandungan kalium pada cuka apel yang cukup tinggi.

5. Capsaicin dari cabai

Anda pecinta makanan pedas? Ini bisa menjadi kabar baik karena ternyata, senyawa capsaicin dalam cabai bisa membantu menghilangkan sakit kepala cluster.

Meski begitu, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena senyawa ini mungkin justru memperburuk kondisi Anda.

6. Teh herbal

Sejak dulu, teh herbal memang sudah dipercaya memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah meredakan sakit kepala.

Beberapa teh herbal, seperti chamomile, lavender, dan teh jahe akan membuat Anda tidur lebih nyenyak sehingga memberikan efek relaksasi.

Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa obat herbal tidak bisa menggantikan pengobatan medis.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sakit #kepala #obat #herbal #alami #yang #manjur

KOMENTAR