Jarang diketahui! Inilah Segudang Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan, Mencegah diabetes hingga Sel Kanker
Ilustrasi bunga Telang. (Unsplash/ Deen Md)
07:56
22 September 2024

Jarang diketahui! Inilah Segudang Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan, Mencegah diabetes hingga Sel Kanker

 

JawaPos.com – Bunga telang atau kembang telang mempunyai nama ilmiah Clitoria Ternatea merupakan salah satu tanaman polong (Fabaceae) yang berasal dari daerah tropis di Asia, termasuk Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh pada tempat dengan curah hujan tinggi maupun pada tempat yang kering, sehingga bisa mudah tumbuh dimana saja.

Pada awalnya tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh liar, bunga ini mempunyai ciri-ciri berwarna biru mencolok namun ada juga varian berwarna ungu dan putih serta memiliki bentuk seperti corong. Bunga telang sendiri sudah lama dimanfaatkan dalam berbagai keperluan, mulai dari tanaman hias, pewarna alami hingga kepengobatan tradisonal.

Warna biru pada bunga telang berasal dari kandungan antioksidan berupa proanthocyanidin. Selain memiliki bentuk yang indah, bunga telang juga memiliki  beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti ternatin, vitamin C, vitamin B1 dan B2, dan senyawa aktif lain yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, kaemphferol, p-Coumaric acid, serta delphinidin.

Melansir dari laman situs Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, bunga telang tidak hanya menarik dari segi estetika, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan, berikut beberapa di antaranya :

  1. Kaya antioksidan

Bunga telang mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, terutama flavonoid. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Flavonoid dan antosianin dalam tanaman ini bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf di otak, sehingga dapat membantu mencegah pikun.  Beberapa riset bahkan menunjukkan bahwa dengan mencukupi asupan antioksidan, daya ingat dan konsentrasi akan meningkat.

Selain itu, manfaat bunga telang juga berupa meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi. Oleh karena itu, konsumsi bunga telang dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer

  1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Bunga telang memiliki sifat adaptogenik, yang berarti dapat membantu tubuh meredakan stres. Teh bunga telang sering digunakan sebagai minuman penenang yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan memberikan efek relaksasi.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bunga telang juga dipercaya dapat membantu dalam masalah pencernaan. Konsumsi bungan telang secara teratur dapat membantu meredakan perut kembung dan sembelit, serta meningkatkan proses detoksifikasi tubuh.

  1. Menurunkan Demam

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bunga telang ini diperoleh dari sifat antiradang dalam bunga telang. Mengonsumsi teh bunga telang juga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama mengalami demam. Mencukupi asupan cairan, termasuk dengan minum teh bunga telang, akan membantu menurunkan demam.

  1. Mengontrol tekanan darah dan gula darah

Senyawa aktif pada bunga telang yang disebut proanthocyanidin dapat membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga kadar gula dan tekanan darah dapat terkontrol. Antioksidan pada tanaman ini juga dapat mengurangi kekakuan pembuluh darah arteri sehingga bisa melancarkan aliran darahnya sehingga mampu mencegah diabetes.

  1. Meredakan gejala alergi

Manfaat bunga telang untuk kesehatan berikutnya adalah meredakan gejala alergi dan asma. Bunga telang diketahui dapat mengurangi produksi histamin atau zat yang dihasilkan oleh sel darah putih di dalam tubuh ketika sedang mengalami reaksi alergi atau infeksi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan antiokasidan di dalam bunga telang yang disebut dengan proanthocyanidin diketahui dapat melancarkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti glaukoma, penglihatan kabur, katarak, mata lelah, dan kerusakan retina.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Senyawa flavonoid pada bunga telang bersifat antioksidan, antiradang, dan antikanker. Kandungan tersebut diketahui bisa menangkal efek radikal bebas di dalam tubuh, sekaligus mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Menurunkan berat badan

Senyawa ternatin pada tanaman ini dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan pembakaran lemak. Tak hanya itu, manfaat bunga telang untuk menurunkan berat badan juga diperoleh berkat kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jarang #diketahui #inilah #segudang #manfaat #bunga #telang #bagi #kesehatan #mencegah #diabetes #hingga #kanker

KOMENTAR