7 Cara Menurunkan Diabetes Tanpa Obat, Kelola Gula Darah Secara Alami
Menjaga pola makan yang sehat jadi salah satu cara menurunkan diabetes tanpa obat. (Pexels)
15:58
19 September 2024

7 Cara Menurunkan Diabetes Tanpa Obat, Kelola Gula Darah Secara Alami

- Diabetes merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Kondisi ini telah memengaruhi hampir jutaan orang di seluruh dunia. Meskipun pengobatan menjadi peran penting dalam menjaga kondisi agar tetap stabil, tetapi merubah pola hidup yang alami dan sehat menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

Mulai dari menerapkan pola makan sehat hingga olahraga yang penuh kesadaran dapat melengkapi perawatan medis dan membantu mengendalikan diabetes secara efektif. Untuk itu, berbagai cara menurunkan diabetes tanpa obat dapat menjadi referensi untuk mengontrol diabetes.

Dilansir dari Health Shots, Dr Rakesh Pandit, Konsultan Senior, dan HOD, Penyakit Dalam, Aakash Healthcare, New Delhi, memberikan penjelasan untuk mengendalikan diabetes tanpa pengobatan.

1. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan yang seimbang dapat mengelola diabetes. Fokuslah mengonsumsi makanan utuh yang rendah gula dan karbohidrat olahan. Beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan makanan sehat seperti berbagai buah, sayuran, biji-bijian utuh, protein rendah lemak, dan lemak sehat dalam makanan.

Selain itu, penderita diabetes perlu mengurangi makanan olahan, minuman manis, dan makanan berlemak tinggi. Mereka juga perlu makan dengan penuh kesadaran dan mengontrol porsi makanan agar dapat membantu mengatur kadar gula darah.

2. Aktivitas fisik secara teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat bermanfaat untuk mengelola diabetes. Olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah, dan mendukung mengelola berat badan.

Lakukan setidaknya 150 menit latihan aerobic intensitas sedang seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda yang dilakukan setiap minggu. Sertakan latihan untuk membangun otot dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

3. Menjaga berat badan

Bagi seorang penderita diabetes yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol gula darah secara signifikan.

Cobalah beberapa cara atau tips diet untuk penderita diabetes untuk menurunkan berat badan yang baik. Kombinasi juga dengan aktivitas fisik yang teratur untuk membuat berat badan mencapai berat yang ideal.

4. Pantau asupan karbohidrat

Karbohidrat memiliki dampak langsung pada naiknya kadar gula darah. Untuk itu, memahami dan mengelola asupan karbohidrat menjadi hal yang penting untuk mengendalikan diabetes. Aturlah konsumsi karbohidrat secara merata sepanjang hari.

Selain itu, pilih jenis karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan sayuran non tepung. Memantau asupan karbohidrat dan kontrol porsi makanan akan membantu mengatur kadar gula darah.

5. Manajemen stres

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah dengan memicu respon hormonal yang dapat meningkatkan produksi glukosa. Menerapkan teknik manajemen stres dapat membantu mengendalikan diabetes.

Lakukanlah aktivitas seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, atau menekuni hobi yang dapat mengurangi tingkat stres. Tak hanya itu, merawat pikiran dan menjaga diri dari stres dapat dilakukan dengan memprioritaskan perawatan diri, tidur yang cukup, serta menjaga keseimbangan antara bekerja dan kehidupan.

6. Tetap terhidrasi

Hidrasi menjadi hal yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan pengelolaan diabetes. Minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, mendukung fungsi ginjal, dan membantu mengatur kadar gula darah.

Usahakan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas perhari. Sesuaikan pula asupan air dengan kebutuhan dan tingkat aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

7. Pantau gula darah

Memantau kadar gula darah secara teratur dapat menjaga mengelola diabetes. Ini akan membantu penderita diabetes untuk memahami pilihan gaya hidup dan kebiasaan makanan dapat memengaruhi gula darah.

Catatlah hasil pemeriksaan dan diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan. Dengan begitu, akan ada keputusan yang tepat untuk merencanakan perawatan diabetes yang dialami.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #cara #menurunkan #diabetes #tanpa #obat #kelola #gula #darah #secara #alami

KOMENTAR