7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam, Benarkah Eksfoliasi Secara Teratur Adalah Kuncinya?
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (freepik)
22:08
16 September 2024

7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam, Benarkah Eksfoliasi Secara Teratur Adalah Kuncinya?

–Kulit adalah organ terbesar manusia yang meliputi tiga lapisan. Yakni epidermis, dermis, dan hipodermis.

Lapisan luar dari tubuh ini adalah bagian yang paling terlihat mata. Karena itu tidak jarang orang akan merasa tidak percaya diri jika mengalami beberapa masalah kulit.

Banyak jenis masalah kulit yang bisa di alami manusia, salah satunya adalah kulit kusam. Beberapa penyebab kulit kusam di antaranya tidak cukup minum air putih, merokok, penumpukan sel kulit mati, kulit kering atau kurang lembap, serta bagian yang tak terhindarkan yaitu penuaan.

Dilansir dari healthline.com, berikut 7 cara mengatasi kulit wajah kusam.

  1. Hati-hati merawat kulit

Pastikan untuk menghapus riasan dan membersihkan kotoran apa pun yang menyumbat pori-pori, tapi lakukan dengan hati-hati. Gunakan cleansing oil/ cleansing balm terlebih dahulu untuk menghapus makeup dan sisa suncreen, kemudian lanjutkan cuci muka seperti biasa menggunakan gentle cleanser. Hindari penggunaan scrub yang keras dan sabun yang mengeringkan, yang dapat menyebabkan iritasi kulit, retakan kecil, kemerahan, sesak, dan kering.

  1. Hindari mencuci wajah dengan air panas

Mencuci wajah dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan menyebabkan kekeringan dan iritasi, air panas juga dapat melebarkan pembuluh darah di permukaan dan kulit mungkin akan tampak merah, tapi ini hanya sementara. Lebih baik gunakan air dengan suhu cukup hangat, tidak terlalu panas, ataupun terlalu dingin. Pilih pembersih yang melembapkan dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk mengunci kelembapan.

  1. Rajin eksfoliasi

Sel kulit mati yang menumpuk di lapisan terluar kulit dapat membuat kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik. Eksfoliasi kulit secara teratur satu sampai dua kali dalam seminggu adalah kunci untuk mengatasinya, selain itu eksfoliasi juga dapat membantu menghaluskan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, dan meratakan tekstur kulit.

Jangan lupa oleskan pelembap segera setelah ekfoliasi agar tidak terjadi iritasi dan membantu untuk mengunci kelembapan dan melindungi sel kulit baru.

  1. Gunakan serum

Tambahkan serum ke dalam rutinitas skincare Anda, pilih serum wajah yang mengandung bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit, meningkatkan tingkat hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari setelah mencuci muka.

  1. Gunakan masker

Jadwalkan masker wajah dalam rutinitas skincare Anda, ini adalah cara yang bagus untuk menjaga kulit Anda tetap bersinar. Masker wajah dapat digunakan satu hingga tiga kali dalam seminggu, namun berbeda-beda tergantung produk dan penggunaan.

  1. Maksimalkan pelembap

Menurut tinjauan pada 2017, penggunaan pelembap secara rutin dengan produk yang tepat dapat menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai jenis dermatitis. Memaksimalkan penggunaan pelembap bisa membantu melindungi skin barrier, dan mencegah kehilangan kelembapan.

  1. Gunakan sunscreen

Rajin menggunakan suncreen setiap hari akan membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, munculnya dark spot, serta tekstur kulit yang kasar dan kusam.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #cara #mengatasi #kulit #wajah #kusam #benarkah #eksfoliasi #secara #teratur #adalah #kuncinya

KOMENTAR