Memilih Klinik Bayi Tabung? Pastikan Bersertifikasi RTAC, Program IVF Berstandar Internasional
Ilustrasi program bayu tabung (ANTARA/Shutterstock/VerNel)
19:16
16 September 2024

Memilih Klinik Bayi Tabung? Pastikan Bersertifikasi RTAC, Program IVF Berstandar Internasional

Bayi tabung atau In vitro fertilization (IVF) merupakan salah satu metode yang bisa ditempuh, untuk pasangan yang ingin memiliki keturunan.

Melalui metode ini, kehamilan bisa terjadi dengan proses, di mana sel telur dibuahi oleh sperma di luar tubuh yaitu di dalam sebuah tabung.

Memiliki harga yang cukup mahal dengan tingkat keberhasilan mencapai 40 persen, tentu menjadikan setiap orang perlu memilih layanan terbaik untuk keberhasilan metode tersebut.

Salah satunya adalah klinik yang telab mengikuti standar The Reproductive Accreditation Committee (RTAC) of Australia, yakni komite akreditasi bidang teknologi reproduksi berbantu (TRB) atau yang dikenal dengan program bayi tabung yang dibentuk oleh Fertility Society of Australia (FSA). 

Baca Juga: Tak Sedikit, Segini Modal untuk Program Bayi Tabung seperti yang Dijalani Zaskia Sungkar

Fertlity Society Australia (FSA) merupakan badan tertinggi dalam bidang reproduksi di Australia dan Selandia Baru. Hal inilah yang baru saja diraih klinik fertilitas Bocah Indonesia.

Proses akreditasi yang telah dilakukan oleh Mrs. Rhonda Williams, Lead Auditori dari Certification Partner Global (CPG) Australia pada 19 dan 20 Agustus 2024 lalu itu menjadikan Bocah Indonesia telah mencapai sebuah tolak ukur internasional.

Mendapatkan sertifikasi RTAC, membuat klinik fertilitas tersebut berarti sudah memiliki layanan program bayi tabung bermutu tinggi. Sehingga memberikan keyakinan pada setiap pasien bahwa pelayanan dan perawatan yang diberikan di klinik tersebut berkualitas dan dilakukan oleh tim medis yang bersertifikasi.

"Terdapat dua kriteria sebagaimana yang tertuang dalam aturan skema, yaitu kriteria kritis atau critical criteria (CC) dan kriteria praktik baik atau good practice criteria (GPC)," jelas Mrs Rhonda dalam siaran pers yang Suara.com terima belum lama ini.

Kriteria kritis atau critical criteria (CC) ini diaudit setiap tahun pada audit pengawasan. Sedangkan, lanjut dia kriteria praktik baik atau good practice criteria (GPC) ini dilakukan pada audit sertifikasi awal dan akan dilakukan 3 tahun sekali.

Baca Juga: Zaskia Sungkar dan Irwansyah Kembali Jalani Bayi Tabung, Ingat Lagi Perjuangan Mereka Dapatkan Ukkasya

Dengan sertifikasi RTAC, pelayanan dan perawatan terbaik yang diberikan untuk pasien yang ingin merencanakan program hamil telah sesuai dengan serangkaian standar yang telah ditetapkan berdasarkan sertifikasi internasional RTAC.

Dengan mendapatkan sertifikasi RTAC ini Bocah Indonesia mendukung serta mewujudkan harapan bagi pasangan suami istri untuk menimang buah hati dengan fasilitas, peralatan, teknologi serta pelayanan program hamil dan bayi tabung yang mampu bersaing dengan klinik fertilitas tingkat internasional.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #memilih #klinik #bayi #tabung #pastikan #bersertifikasi #rtac #program #berstandar #internasional

KOMENTAR