7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Tampil Awet Muda, Ayo Dicoba
Ilustrasi 7 olahraga agar tetap awet muda (freepik)
15:44
16 September 2024

7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Kamu Tampil Awet Muda, Ayo Dicoba

- Meskipun usia bertambah, setiap orang tentu menginginkan tampil awet muda. Sebagian orang bahkan sibuk mencari cara untuk tetap awet muda dari berbagai sumber.

Bahkan tak heran jika sebagian orang melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk menutupi tanda-tanda penuaan. Seperti kerutan, flek, mengencangkan kembali kulit yang mulai kendur hingga mengecat rambut untuk menutupi uban.

Mengutip dari SALMON Health Senin (16/9), para ahli sepakat bahwa menjadi awet muda dimulai dari pikiran. Karena, kalangan dewasa menuju umur lansia rentan mengalami stres.

Bisanya hal ini disebabkan oleh lonjakan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi pada tubuh. Jadi, awet muda tak semata-mata dilihat dari fisik saja, tetapi juga jiwa yang bahagia akan memancarkan jiwa serta semangat belia.

Selain merawat tubuh dengan produk kecantikan yang ditawarkan, beberapa kebiasaan baik ini ternyata dapat membuat seseorang lebih muda dari usianya.

Menariknya lagi, aktivitas tersebut dinilai dapat mendorong seseorang agar hidup lebih bahagia dibanding kebanyakan orang. Penasaran dengan ulasannya, yuk simak artikel di bawah!

1. Jam tidur yang cukup

Tidur adalah waktu di mana tubuh melakukan perbaikan dan regenerasi. Sementara kurang tidur dapat mengakibatkan mata bengkak dan kulit kusam. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan 7-8 jam tidur yang berkualitas setiap malam agar kulitmu dapat beregenerasi dengan baik.

Tidur dengan posisi telentang juga diketahui baik untuk menjaga kulit wajah daripada posisi telungkup yang bisa menyebabkan kulit cepat keriput karena bergesekan dengan bantal.

2. Semangat dan berpikiran positif

Pikiran positif adalah kunci terakhir untuk terlihat awet muda. Coba untuk selalu berpikiran positif, terima tantangan hidup dengan semangat serta bersyukur atas hal-hal baik dalam hidupmu.

3. Atur pola makan sehat

Mengutip dari Forbes, langkah paling mudah agar tetap awet muda adalah menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi setiap harinya. Hal ini bisa dimulai dari mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, alpukat serta delima. Kemudian, kacang-kacangan seperti almond hingga sayuran seperti bayam hingga selada.

Tidak hanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral, berbagai makanan tersebut juga kaya antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.

4. Kelola stres dengan baik

Saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang memungkinkan tubuh memicu kerusakan sel-sel pada tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Oleh karena itu, kamu perlu mengurangi stres agar tetap terlihat awet muda dan sehat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, seperti mencoba teknik relaksasi, melakukan kegiatan yang disukai atau mendengarkan musik favorit.

5. Rutin olahraga

Olahraga bukan hanya baik untuk membantu kesehatan fisik, tetapi juga membantu menjaga kulit tetap segar. Saat berolahraga, sirkulasi darah meningkat, memberikan nutrisi penting ke kulit.

Dengan demikian, tidak hanya awet muda, kamu juga dapat terhindar dari beragam penyakit akibat penuaan, misalnya penyakit jantung, osteoporosis, dan demensia. Untuk itu, disarankan untuk mencoba yoga, jogging atau bahkan bersepeda agar menjaga tubuh tetap bugar setiap harinya.

6. Hindari rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok dan minum minuman keras memungkinkan produksi kolagen berkurang, sehingga kulit akan lebih cepat kendur dan keriput. Kebiasaan buruk tersebut juga bisa mengganggu kelancaran aliran darah pada kulit, sehingga membuat kulit kekurangan nutrisi penting untuk menjaganya tetap awet muda.

7. Kurangi konsumsi makanan siap saji

Makanan cepat saji ini mengandung kalori yang tinggi dan hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Bila terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka akan berisiko mengalami penyakit seperti obesitas, diabetes tipe 2, gangguan pencernaan dan pernapasan, kerusakan gigi, dan lainnya.

Mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah dan meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh yang membuat sel kulit cepat rusak.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kebiasaan #yang #bisa #membuat #kamu #tampil #awet #muda #dicoba

KOMENTAR