6 Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengendalikan Kadar Kolesterol
Sayuran terong hijau memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kandungan glikemik, air, vitamin, mineral, dan antioksidan. (Istimewa)
12:56
16 September 2024

6 Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengendalikan Kadar Kolesterol

Terong hijau merupakan salah satu sayuran yang cocok dimakan bareng dengan sambal. Sayuran ini juga memiliki tekstur yang renyah dan memiliki rasa yang enak.

Sayuran terong hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kandungan glikemik, air, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin dan mineral di dalam terong hijau, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, zinc, mangan, fosfor, sodium, kalium, zat besi, dan kalsium.

Berikut ini merupakan enam manfaat terong hijau untuk kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari sayuran terong hijau, yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena terdapat kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

Selain itu, terdapat juga antioksidan di dalam terong hijau yang bisa memelihara kesehatan jantung. Sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Terong hijau memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang merupakan zat penting untuk menjaga kekuatan tulang secara menyeluruh.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari konsumsi terong hijau, yaitu dapat menurunkan berat badan. Diketahui bahwa terong hijau sangat baik untuk sistem pencernaan. Maka sayuran ini juga dapat berperan penting dalam proses menurunkan berat badan.

Terong hijau juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga rendah kalori. Sehingga ideal untuk dijadikan sebagai bahan makanan yang wajib untuk dikonsumsi pada saat diet.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Terong hijau merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan polifenol yaitu antioksidan yang dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa dan jenis gula lainnya.

Di dalam terong hijau memiliki sifat sama seperti insulin yang bisa mengurangi risiko diabetes, sehingga berbagai komplikasi lainnya.

5. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Manfaat lainnya dari konsumsi terong hijau, yaitu dapat mengendalikan kadar kolesterol. Hal ini karena terong hijau mengandung polifenol.

Tak hanya itu saja, terong hijau juga akan merangsang produksi empedu yang dapat menurunkan kolesterol tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat, maka kamu dapat konsumsi terong hijau. Terong hijau memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang sangat baik dikonsumsi sebagai makanan yang dapat mengatasi masalah kecantikan kulit.

Selain itu, terong hijau juga sangat efektif untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit, melindungi kulit dari kanker kulit, dan menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sayuran ini juga bisa digunakan sebagai bahan masker pada wajah.

 

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #terong #hijau #untuk #kesehatan #salah #satunya #dapat #mengendalikan #kadar #kolesterol

KOMENTAR