7 Tips Meningkatkan Daya Ingat, Cegah Terjadinya Berbagai Masalah Kesehatan Kognitif
Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat. (Freepik / freepic.diller)
16:02
13 September 2024

7 Tips Meningkatkan Daya Ingat, Cegah Terjadinya Berbagai Masalah Kesehatan Kognitif

 – Menjadi pelupa umumnya terjadi karena faktor penuaan. Namun, beberapa orang yang masih muda pun sering juga merasa lupa akan berbagai hal. Seperti lupa menaruh kunci? Lupa daftar belanja? Atau lupa dalam hal-hal kecil lainnya?.

Penyebab sering lupa pada usia muda seringkali berkaitan dengan gaya hidup yang kurang baik, tapi masih dapat diatasi dengan melakukan perubahan pada pola hidup yang lebih sehat. Namun, beberapa kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebabnya dan ini membutuhkan perhatian khusus.

Meningkatkan daya ingat sangat penting, terutama saat usia pembentukan diri. Dengan teknik dan kebiasaan yang tepat, dapat lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan seperti belajar dan mengingat informasi

Jadi jika sudah mengalami penurunan daya ingat, bukan berarti lantas pasrah menerima kondisi tersebut. Dilansir dari India Today Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali daya ingat, diantaranya:

  1. Tidur yang Cukup

Banyak penelitian yang menyatakan istirahat malam yang baik dapat membantu kita tetap sehat jiwa maupun raga. Dan tidur merupakan cara terbaik juga untuk membantu meningkatkan daya ingat serta kemampuan belajar.

Karena tidur sangat penting untuk konsolidasi memori, membantu otak menyusun informasi yang didapat selama terjaga menjadi lebih terstruktur. Tidur yang cukup juga dapat membantu otak membersihkan zat-zat toksin, yang terakumulasi selama aktivitas sehari-hari.

Pastikan untuk tidur sekitar 7-9 jam setiap malam, jika kurang dapat mengganggu kinerja kognitif termasuk daya ingat.

  1. Makan Makanan yang Meningkatkan Kemampuan Otak

Pilih makanan dan minuman yang dapat mendukung kesehatan otak. Mengintegrasikan makanan-makanan alami dalam pola makan yang seimbang, membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin seperti kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau dapat melindungi otak dari penurunan daya ingat dan meningkatkan kejernihan mental.

  1. Tetap Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu berpikir, belajar, memecahkan masalah dan mengatasi keseimbangan emosional sehingga mampu mengurangi kecemasan atau depresi. Rajin olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang meningkatkan fungsi kognitif.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur, bahkan sekedar berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan mengurangi resiko penurunan kognitif termasuk demensia.

  1. Mengatur Informasi dengan Menggunakan Mnemonic

Mnemonik adalah strategi atau teknik untuk menghafal secara efektif. Digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan sering diajarkan di sekolah untuk membantu siswa belajar dan mengingat informasi yang rumit menjadi lebih mudah.

Alat bantu ini juga dapat digunakan untuk membantu mengembangkan kosa kata, dengan membuat cerita atau rima yang menghubungkan kata-kata baru dengan konsep yang sudah dikenal. Sehingga lebih mudah mengingat dan memahami makna kata-kata tersebut.

  1. Tetaplah Ingin Tahu dan Terlibat Dalam Pembelajaran

Tetap aktif dalam setiap pembelajaran salah satunya bisa dengan mengajukan pertanyaan, karena rasa keinginan untuk dapat mengetahui sesuatu itu cenderung lebih mudah dalam mengingat informasi. Asah terus sikap ini juga bisa dengan mengikuti beragam sistem pembelajaran.

Rasa ingin tahu adalah keinginan untuk memahami lebih banyak tentang sesuatu yang menarik. Jadi doronglah rasa ingin tahu tersebut karena dapat meningkatkan daya ingat melalui bagian otak seperti hipokampus, korteks prefrontal, dan striatum ventral.

  1. Latihan Kesadaran dan Meditasi

Latihan kesadaran dan meditasi dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan fokus, sehingga mampu meningkatkan kembali daya ingat. Teknik pernapasan yang sederhana namun teratur, serta praktik meditasi dapat membantu mengubah perasaan menjadi lebih baik lagi.

  1. Gunakan Pengulangan untuk memperkuat Pembelajaran

Pengulangan adalah kunci untuk memperkuat ingatan. Meninjau informasi secara teratur, baik melalui catatan atau mengajarkannya kembali kepada orang lain dapat meningkatkan daya ingat serta pemahaman secara signifikan.

Mengembangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut sejak dini dapat menempatkan diri pada keberhasilan akademis, dengan memperkuat daya ingat dan meningkatkan kepercayaan diri.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #meningkatkan #daya #ingat #cegah #terjadinya #berbagai #masalah #kesehatan #kognitif

KOMENTAR