Waspada Monkeypox, Ini Tiga Vaksin Mpox yang Aman dan Teruji Digunakan
Ilustrasi Gejala Monkeypox. News Medical
23:27
12 September 2024

Waspada Monkeypox, Ini Tiga Vaksin Mpox yang Aman dan Teruji Digunakan

Kasus Mpox sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2022. Meski kasusnya belum naik lagi hingga saat ini. Namun, kewaspadaan terhadap kasus ini terus ditingkatkan sehubungan dengan ditemukannya suspek baru.

Untuk mengantisipasi kasus Mpox merebak, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan vaksin Mpox yang dapat menghadang penyebaran Mpox.   Ada tiga vaksin yang dapat digunakan untuk pencegahan Mpox, yaitu MVA-BN, LC16m8, dan ACAM2000.  

  Ketiga vaksin ini awalnya untuk pencegahan cacar, tetapi kemudian dikembangkan dan diperluas penggunaannya untuk pencegahan Mpox.   Vaksin MVA-BN sendiri sudah disetujui tahun 2013 untuk pencegahan cacar di Kanada dan Uni Eropa yang menyasar kelompok orang berusia 18 tahun ke atas.    Pada 2019, MVA-BN disetujui untuk pencegahan cacar dan Mpox pada orang dewasa di Amerika Serikat. Di tahun yang sama, Kanada telah memperluas MVA-BN untuk pencegahan Mpox. Lalu pada 22 Juli 2022, Uni Eropa menyetujui MVA-BN untuk pencegahan Mpox pada orang dewasa. MVA-BN tidak dilisensikan untuk orang di bawah usia 18 tahun.   Sedangkan vaksin LC16m8 telah dilisensikan di Jepang pada tahun 1975 untuk penyakit cacar tanpa batasan usia dan diperluas untuk pencegahan Mpox pada Agustus 2022.  

  LC16m8 yang digunakan merupakan vaksin cacar generasi ketiga.   Adapun vaksin ACAM2000 disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk imunisasi cacar sejak 2007. Pada 2024, vaksin ini disetujui untuk mencegah Mpox di bawah protokol Investigasi Obat Baru Akses yang Diperluas (Expanded Access Investigational New Drug).   Jika ditinjau dari pendapat para pakar yang ada dalam jurnal berjudul, “Vaccines against mpox: MVA-BN and LC16m8” yang terbit di Taylor & Francis Online pada 1 September 2024, probabilitas MVA-BN menurunkan penyakit Mpox sebesar 62% hingga 85%.   Sedangkan pada orang yang sudah terpapar Mpox, MVA-BN mengurangi risiko penyakit sebesar 20%.  

  Vaksin LC16m8 sendiri berdasarkan hasil uji klinis memberikan perlindungan terhadap virus Mpox. MVA-BN dan LC16m8 secara konsisten mengembangkan respons antibodi penetral terhadap orthopoxvirus, termasuk Clade I MPXV.   Sementara efikasi vaksin ACAM2000 yang diperoleh dari studi model hewan menemukan, vaksin ACAM2000 manjur melawan virus MPXV bila dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak divaksinasi.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #waspada #monkeypox #tiga #vaksin #mpox #yang #aman #teruji #digunakan

KOMENTAR