Ternyata 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah, Bisa Jadi Tempat Bersembunyi Bakteri dan Ulat Kecil
Brokoli, salah satu sayur yang tidak boleh dimakan mentah. (Freepik/8photo)
13:39
12 September 2024

Ternyata 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah, Bisa Jadi Tempat Bersembunyi Bakteri dan Ulat Kecil

- Sayur merupakan asupan penting bagi tubuh manusia. Berasal dari alam, sayur seringkali jadi hidangan yang menyeimbangkan ketika meja penuh daging dan gorengan. Dengan konsumsi sayur, banyak nutrisi dan vitamin yang didapatkan oleh tubuh. Selain itu, ada juga beberapa sayuran yang memang enak rasanya untuk disantap.

Sayur seringkali memiliki cara penyajian yang beragam. Mulai dari yang mentah seperti lalapan, sampai yang dimasak berjam-jam sampai layu. Perbedaan cara masak ini tentu perlu diperhatikan kecocokan dengan sayur tersebut.

Makan sayur secara mentah kata orang bisa lebih sehat karena tidak melalui proses rebus atau goreng. Ada yang mengatakan bahwa kandungan baik dalam sayur bisa hilang terbawa panas atau air ketika direbus.

Namun, tidak semua sayuran bisa dimakan dalam keadaan mentah. Dikutip dari Healthshots dan Prevention, berikut ini merupakan 6 sayuran yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah:

1. Kecambah

Kecambah merupakan sayuran lezat yang berasal dari biji-bijian yang telah tumbuh beberapa senti. Kecambah biasa diletakkan dalam berbagai makanan tradisional Indonesia. Meski banyak disukai, nyatanya kecambah tidak disarankan dimakan mentah-mentah.

Kecambah merupakan tempat bakteri tumbuh seperti salmonella, listeria sampai e.coli. Hal ini tentu berbahaya terutama bagi ibu hamil atau anak kecil yang rentan sakit. Setelah membeli kecambah segar, kamu bisa mencucinya dengan benar dan menyeluruh dan memasaknya.

Selain menghilangkan bakteri, memasak kecambah juga bisa membuatnya lebih mudah dikonsumsi. Kamu bisa menggunakan kecambah dalam berbagai hidangan seperti pecel atau tumis kecambah sederhana.

2. Brokoli

Selanjutnya, brokoli merupakan salah satu dari sederet sayuran yang sebaiknya tidak kamu makan mentah-mentah. Ketika ingin mengonsumsi brokoli, kamu perlu mencucinya dengan benar dan menyeluruh untuk menghilangkan ulat-ulat kecil yang biasanya bersembunyi di antara dedaunan.

Setelah dicuci, kamu bisa mengolah brokoli dengan mengukusnya sebentar atau menumisnya secara sederhana. Dengan memasak brokoli sebentar, hal ini tetap bisa mempertahankan nutrisi sambil mengurangi risiko pencernaan. Kamu jadi bisa dengan aman makan brokoli tanpa takut ulat, kandungan pestisida atau gangguan pencernaan.

3. Terong

Termasuk dalam bangsa sayur mayur, terong merupakan jenis sayur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari terong panggang, tumis terong, terong goreng krispi dan masih banyak lagi. Baik sebagai lalapan atau hidangan, terong adalah makanan yang sebaiknya dimakan ketika sudah matang.

Hal ini dikarenakan kandungan solanin dalam terong yang bisa menyebabkan mual, muntah dan masalah pencernaan apabila dimakan mentah. Ketika seseorang memasak terong, hal ini bisa menghilangkan solanin yang ada didalamnya. Poin plus, kamu juga bisa meningkatkan rasa, aroma dan tekstur terong setelah dimasak jadi lebih baik.

4. Bayam

Tidak hanya sayuran di atas, bayam juga termasuk dalam golongan sayur yang tidak boleh dan tidak dianjurkan dimakan saat masih mentah. Sebagaimana yang diketahui, bayam merupakan sayuran dengan rasa yang enak serta kandungan gizi yang baik.

Akan tetapi, bayam bisa jadi membawa serta bakteri E.coli yang bisa membuat seseorang sakit perut dan mengalami masalah pencernaan ketika mengonsumsinya mentah-mentah. Oleh karenanya, kamu perlu memasak bayam untuk bisa mencegah bakteri jahat masuk ke dalam tubuh.

5. Kubis

Kubis merupakan salah satu dari banyaknya sayuran hijau yang bisa dikonsumsi. Sama seperti sayur sebelumnya, kubis tidak disarankan untuk dimakan mentah-mentah karena memiliki kandungan gula yang sulit dicerna.

Selain itu, ada bahaya bakteri salmonella atau E.coli dalam kubis.Dengan memasak kubis, hal ini membuat gula yang ada dalam kubis bisa lebih mudah dicerna.

Bakteri yang menjadi bahaya dalam kubis juga bisa dihilangkan dalam proses memasak yang baik. Kamu harus memasaknya sebentar untuk bisa menjadikannya sayuran yang aman dimakan.

6. Paprika

Terakhir, paprika adalah salah satu dari sayuran yang juga tidak disarankan dimakan mentah-mentah. Hal ini dikarenakan ada banyak elemen tidak baik bagi tubuh yang ada dalam paprika mentah. Elemen tersebut seperti bekas pestisida, telur cacing dan masih banyak lagi.

Dengan memasaknya, paprika bisa jadi konsumsi yang layak dan aman untuk bisa dimakan seseorang. Kamu bisa memasak paprika mulai dari ditumis sampai dipanggang untuk nanti dikonsumsi. Paprika adalah tambahan yang enak di berbagai hidangan dari berbagai negara.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ternyata #sayuran #tidak #boleh #dimakan #mentah #bisa #jadi #tempat #bersembunyi #bakteri #ulat #kecil

KOMENTAR