4 Tips Aman Berenang Walaupun Sedang dalam Periode Haid
Ilustrasi Orang yang Berenang. (Sumber : Freepik)
17:43
20 Januari 2024

4 Tips Aman Berenang Walaupun Sedang dalam Periode Haid

 – Saat mengalami masa haid tidak perlu mengubah kegiatan sehari-hari, termasuk olahraga dan berenang. Banyak kesalahpahaman mengenai berenang selama masa haid.

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa berenang selama haid akan kotor. Namun, sebenarnya berenang saat haid dengan mengenakan tampon atau cangkir haid yang bisa menangkap aliran darah.

Selain mengenakan tampon atau cangkir haid, yang memungkinan kebocoran sangat kecil. Namun, ternyata kolam renang biasanya terdapat diclorin dan menggunakan sistem filtrasi.

Selain itu, ada yang menganggap bahwa kram haid akan menjadi lebih buruk jika berenang. Tetapi dengan berolahraga termasuk berenang, dapat membantu meredakan nyeri haid.

Dilansir dari laman WebMD Medical, berikut ini tips aman berenang saat menjalani periode haid.

1. Jangan gunakan pembalut di dalam air

Tidak direkomendasikan mengenakan pembalut saat berenang karena hal itu hanya akan menyerap air di sekitar, sehingga membuat tidak efektif dan berantakan.

2. Gunakan tampon

Tampon bisa digunakan saat berenang. Namun, perlu diingat jika saat mengenakannya mengalami sindrom syok toksik. Disarankan menggunakan tampon dengan daya serap terendah, dan mengganti tampon setiap empat hingga delapan jam, serta hentikan penggunaannya jika ada reaksi alergi.

3. Menstrual cups

Menstrual cup adalah alternatif lain yang terbuat dari karet atau silikon. Wadah ini ditempatkan di dalam vagina untuk mengumpulkan darah haid tanpa menyerapnya. Menstrual cup relatif aman digunakan, dengan risiko infeksi yang mungkin lebih rendah dibandingkan dengan tampon dan pembalut.

Selain itu, karena beberapa menstrual cup dapat digunakan berulang kali, biaya dan limbahnya lebih rendah dibandingkan dengan tampon dan pembalut.

4. Pakaian renang yang ramah terhadap menstruasi

Ada pilihan pakaian renang yang ramah untuk haid yang dapat menyerap dan digunakan kembali. Pakaian renang ini memiliki lapisan yang menangkap darah haid.

Disarankan mengganti dan membersihkan pakaian renang haid setidaknya setiap 12 jam. Meskipun harganya mungkin terlihat mahal, pakaian renang ini bisa lebih ekonomis dalam jangka panjang dibandingkan dengan pembelian tampon atau pembalut setiap bulan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tips #aman #berenang #walaupun #sedang #dalam #periode #haid

KOMENTAR