Alibaba.com Exporter Summit Hubungkan UMKM Indonesia ke Pasar Global
Hari UMKM dan Alibaba.com Exporter Summit.
07:10
15 Agustus 2024

Alibaba.com Exporter Summit Hubungkan UMKM Indonesia ke Pasar Global

12 Agustus 2024, menjadi momen bersejarah bagi ribuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dengan berlangsungnya dua acara besar: Hari UMKM dan Alibaba.com Exporter Summit. Kedua acara ini berfokus pada pemberdayaan ekonomi digital, memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mengakses pasar global yang semakin kompetitif.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UKM Indonesia berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB nasional dan mempekerjakan sekitar 97% dari total tenaga kerja di negara ini. Namun, hanya sekitar 15,7% dari UKM yang telah berhasil menembus pasar internasional. Tantangan utama yang dihadapi UKM dalam ekspor adalah kurangnya pemahaman tentang proses ekspor, keterbatasan akses ke teknologi digital, dan logistik yang kurang efisien.

“UMKM mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk mereka secara internasional dengan harga terjangkau pada paket terbaru yaitu Global Gold Supplier (GGS) versi Lite. GGS Lite merupakan paket berlangganan tahunan termurah dari Alibaba.com dengan harga 799 dolar Amerika atau sekitar 12  jutaan Rupiah. Kami harap opsi paket ini dapat membuka lebih banyak lagi UMKM yang dapat terkoneksi dengan pasar internasional,” kata Jessie Lee Country Manager of Alibaba.com Indonesia, ditulis Rabu (14/8/2024).

Sementara itu, Siswadhi Pranoto, seorang penggiat digital marketing dan pengusaha lokal yang telah melakukan transformasi digital di perusahaannya mengatakan, Hari ini, UMKM Indonesia berada di titik balik yang penting.

Baca Juga: Tarif Pajak UMKM 0,5 Persen Segera Berakhir, Balik Lagi ke Skema Normal

"Dengan memanfaatkan teknologi digital dan mendapatkan dukungan pendidikan yang tepat, mereka memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global. Penting bagi kita semua untuk memastikan bahwa UMKM mendapatkan akses ke pelatihan berkelanjutan dan pasar global, sehingga mereka bisa memahami, menguasai proses ekspor dan bahkan bisa praktek langsung bertemu dengan buyer internasional. Dengan sinergi yang tepat, kita dapat mendorong UMKM kita untuk tumbuh dan berkembang di kancah internasional,” tutupnya.

Selama acara tersebut, berbagai inisiatif dan program pelatihan diperkenalkan untuk membantu UMKM meningkatkan literasi digital dan kemampuan ekspor mereka. Salah satu inisiatif yang mendapat perhatian adalah pengenalan fitur pada Alibaba.com, yang memungkinkan UMKM untuk mengenal produk yang dibutuhkan di pasar internasional, sehingga produk-produk UMKM dapat bersaing di pasar global dengan lebih baik.

Kolaborasi antara Alibaba.com dengan mitra di Indonesia juga menjadi kunci untuk sosialisasi produk terbaru ini. Karenanaya dengan dukungan teknologi dan jaringan yang luas, UMKM Indonesia kini memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan meraih sukses di kancah internasional.

Hari UMKM dan Alibaba.com Exporter Summit menjadi bukti bahwa dengan memanfaatkan teknologi dan kolaborasi yang tepat, UMKM Indonesia dapat mengatasi tantangan ekspor dan membuka peluang baru di pasar global. Dukungan dari berbagai pemangku kepentingan menjadi kunci dalam menggerakkan UMKM menuju kesuksesan di era ekonomi digital ini.

Baca Juga: Pelaku UMKM Jangan Lupa Punya Izin Usaha, Banyak Manfaatnya

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #alibabacom #exporter #summit #hubungkan #umkm #indonesia #pasar #global

KOMENTAR