Investasi Reksa Dana Semakin Populer, Modal Awalnya Lebih Murah Dari Harga Secangkir Kopi
Ilustrasi Investasi Reksa Dana (Shutterstock)
08:08
14 Agustus 2024

Investasi Reksa Dana Semakin Populer, Modal Awalnya Lebih Murah Dari Harga Secangkir Kopi

Reksa dana, yang dulunya mungkin terdengar asing bagi banyak orang, kini semakin populer sebagai pilihan investasi. Apa yang membuat instrumen investasi ini begitu menarik? Mari kita bahas lebih dalam.

Instrumen reksa dana kian populer dan menjadi salah satu pilihan utama investor pasar modal dalam negeri. Hal ini tercermin dari data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Juni 2024 yang menunjukkan bahwa saat ini ada sekitar 12,3 juta investor reksa dana, atau sekitar 94% dari total jumlah investor pasar modal Indonesia. Angka ini diketahui meningkat lebih dari 115% dibandingkan pada tahun 2021, dan bisa terus bertambah seiring dengan makin matangnya iklim investasi di dalam negeri.

Lalu, apa yang membuat reksa dana semakin populer? Beberapa alasan yang membuat instrumen investasi ini populer, di antaranya:

  • Modal awal yang fleksibel, bahkan kamu bisa memulai investasi dengan modal yang relatif kecil, yaitu Rp 10.000 saja.
  • Transaksi online, hal ini memudahkan kamu untuk melakukan pembelian dan penjualan reksa dana melalui platform investasi.
  • Diversifikasi, di mana tersedia berbagai jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasimu, mulai dari reksa dana saham, obligasi, hingga pasar uang.
  • Likuiditas, yaitu mudah dicairkan saat kamu membutuhkan dana dalam keadaan darurat.

Buat kamu yang tertarik untuk mulai berinvestasi di reksa dana, kini kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Jenius dari Bank BTPN. Kolaborasi Bank BTPN dan manajer investasi Syailendra Capital memungkinkan setiap pengguna Jenius untuk dapat mengakses lima produk investasi reksa dana unggulan, yaitu Syailendra Dana Kas, Syailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP), Syailendra Fixed Income Fund (SFIF), Syailendra MSCI Value Index Fund (SMSCI) Kelas A, dan Syailendra Equity Opportunity Fund (SEOF) Kelas A.

Baca Juga: Biar Cuan, Hindari Kesalahan Ini Saat Investasi Emas

Apa keunggulan berinvestasi reksa dana di Jenius? Menurut Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto, Bank BTPN berkomitmen untuk memberikan solusi dan layanan keuangan yang lengkap ke berbagai segmen nasabah dengan dukungan teknologi digital.

Kamu cukup mengakses fitur ‘Investasi’ di aplikasi Jenius, dan mengeluarkan modal awal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000. Setelah investasimu berjalan, kamu dapat memantau performa portfolio secara mudah dengan mengakses halaman Wealth di aplikasi Jenius. Di sini, informasi seperti total investasi yang dimiliki (Total Investment) dan informasi return dalam Rupiah beserta nilai persentasenya (Total Return Investasi) dapat dimonitor secara langsung di aplikasi. Praktis banget, kan?

Bincang-bincang mengenai investasi reksa dana. (Dok. Bank BTPN)Bincang-bincang mengenai investasi reksa dana. (Dok. Bank BTPN)

Nah, jika kamu bingung reksa dana jenis mana yang harus dipilih, Aline Wiratmaja, Certified Financial Planner & Investment Educator, memberi saran sebagai berikut. Menurutnya, kamu harus melihat lebih dulu beberapa hal berikut:

  1. Tujuan keuangan, yaitu berapa nominal yang mau kamu raih dari investasi tersebut. Menurut Aline, kalau ada nominal tertentu yang kita tuju, akan mudah bagi kita untuk fokus berinvestasi.
  2. Kerangka waktu, apakah kamu akan berinvestasi di jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Untuk jangka pendek di bawah 1 tahun, yang paling cocok adalah reksa dana pasar uang. Kemudian untuk jangka waktu menengah 1-3 tahun, reksa dana pendapatan tetap paling cocok. Kemudian untuk jangka waktu 3-5 tahun, kamu bisa memilih reksa dana campuran. Dan untuk jangka waktu panjang di atas 5 tahun, Aline menyarankan reksa dana saham.
  3. Automatisasi, di mana investasi dilakukan secara otomatis supaya kamu bisa konsisten.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mulai berinvestasi reksa dana?

Baca Juga: Indonesia Raih Emas di Olimpiade, BRImo Tawarkan Investasi Emas untuk Semua

Editor: Vania Rossa

Tag:  #investasi #reksa #dana #semakin #populer #modal #awalnya #lebih #murah #dari #harga #secangkir #kopi

KOMENTAR