BPD Kelola Dana Tabungan Simpeda Rp 71,65 Triliun Hingga Semester I 2024
Bank Jatim
19:08
9 Agustus 2024

BPD Kelola Dana Tabungan Simpeda Rp 71,65 Triliun Hingga Semester I 2024

Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) mengungkapkan minat masyarakat untuk menabung terus bertumbuh. Hal ini, tercermin dari saldo tabungan simpanan pembangunan daerag (Simpeda) yang tumbuh.

Wakil Ketua Umum II Asbanda, Busrul Iman mengatakan, hingga akhir Juni 2024, jumlah penabung 6.872.707 nasabah dengan saldo Tabungan Simpeda sebesar Rp71,65 triliun.

"Capaian ini mengalami peningkatan sebesar 8,87 persen atau naik Rp5,84 triliun year on year," ujarnya yang dikutip, Jumat (9/8/2024).

Busrul melanjutkan, BPD yang paling banyak menghimpun dana Tabungan Simpeda saat ini masih dipegang oleh Bank Jatim. Tercatat, hingga Juni 2024, jumlah dana yang terhimpun di Bank Jatim sebesar Rp16,71 triliun atau 23,37 persen dari Tabungan Simpeda nasional.

Baca Juga: Para Bank Pembangunan Daerah (BPD) Waspada Serangan Siber Makin Canggih

"Ke depan, kita akan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan Simpeda ini, sehingga Tabungan Simpeda menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam menabung," jelas dia.

Untuk menarik banyak masyarakat menabung, BPD menggelar undian tabungan simpeda. Adapun, penarikan Undian Tabungan Simpeda Periode ke 1 Tahun XXXV-2024 dengan total hadiah sebesar Rp3 miliar ini disaksikan dan disahkan oleh perwakilan dari dinas sosial, kepolisian, dan notaris.

Adapun pemenang hadiah utama senilai Rp500 juta dimenangkan oleh nasabah dari Bank Sulselbar. Undian Tabungan Simpeda juga mengundi pemenang kedua untuk empat pemenang dengan masing-masing hadiah sebesar Rp100 juta.

Untuk tiga pemenang hadiah Rp100 juta masing-masing diraih oleh nasabah Bank BJB, Bank Lampung, dan Bank Kaltimtara. Sedangkan satu hadiah dikhususkan untuk tuan rumah, yakni nasabah Bank Kalbar bernama Ahmad Yani dari Cabang Nanga Pinoh Bank Kalbar.

Undian Tabungan Simpeda 2024 sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan customer loyalty dan sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah. Undian ini dilaksanakan dua kali dalam setahun. Periode I pengumpulan poin, yakni 1 Januari – 30 Juni. Sedangkan periode II untuk pengumpulan poin selama 1 Juli – 31 Desember.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini Tips Cermat Pilih Tabungan yang Sesuai Kebutuhan

Sementara, untuk penyelenggaraan Undian Tabungan Simpeda periode berikutnya yang akan menjadi tuan rumah adalah Bank Papua. Direncanakan, Undian Tabungan Simpeda tersebut berlangsung di Jayapura, Provinsi Papua pada Februari 2025.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #kelola #dana #tabungan #simpeda #7165 #triliun #hingga #semester #2024

KOMENTAR