Keuangan WIKA Boncos Gegara Bangun Kereta Cepat? Begini Penjelasannya
Kereta cepat Whoosh. [BRI]
16:37
15 Juli 2024

Keuangan WIKA Boncos Gegara Bangun Kereta Cepat? Begini Penjelasannya

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menampik biang kerok kerugian PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. adalah pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Menurut dia, usai pembangunan progres bisnis Kereta cepat atau Whoosh itu masih berjalan.

Dia menjelaskan, dalam investasi ini memang tak langsung meraih keuntungan. Butuh proses agar suatu proyek itu butuh menghasilkan.

Bukan menyumbang kerugian, di mana-maba orang ada invest dulu, misalnya kau bikin rumah, rugi apa nggak? Kalau tahun pertama, gimana? Dia kan untuk bisnis, kalau misalnya bikin rugi, kalau misalnya perusahaannya kereta cepatnya nggak jalan," ujarnya di Jakarta, Senin (15/7/2024).

Arya melanjutkan, kekinian progres bisnis kereta cepat terus berjalan, di mana jumlah trayek terus bertambah dalam setiap operasionalnya.

Baca Juga: Prabowo 'Kritik' Proyek Kebanggaan Jokowi: Buat Apa Kereta Cepat, Jalan Raya dan Waduk?

"Kalau sekarang masih menuju ya, kan target mita 60-an tuh trayek, sekarang masih 40-an, bertahap kan, target awal 30-an, sekarang 21.000 (penumpang), ya nggak mungkin tiba-tiba. ya orang jualan masa langsung tercapai, ya dia bertahap. Tapi kan sekarang uda bagus," ucap dia.

Seperti dilansir dari laporan keuangannya, WIKA mencatatkan kerugian sebesar Rp 7,12 triliun pada tahun 2023. Angka rugi itu meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya yang juga raih rugi Rp 59,59 miliar.

Dalam catatan itu, dua faktor yang menjadi biang kerok kerugian yaitu soal beban bungan imbas penerbitan surat utang (obligasi) untuk patungan membiayai ek Kereta Cepat Whoosh.

"Beban lain-lain ini di antaranya mulai tahun 2022 kami sudah mencatat adanya kerugian dari PSBI atau kereta cepat," ujar Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito.

Baca Juga: WIKA Sebut Proyek Kebanggaan Jokowi Jadi Beban Keuangan Perusahaan

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #keuangan #wika #boncos #gegara #bangun #kereta #cepat #begini #penjelasannya

KOMENTAR