Rotan Indonesia Mendunia, Negara Ini Hampir Setengah Abad Andalkan Produk Kita
Ilustrasi produk furniture rotan [Shutterstock].
18:21
5 Juli 2024

Rotan Indonesia Mendunia, Negara Ini Hampir Setengah Abad Andalkan Produk Kita

Pada Kamis (5/7/2024), Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan kunjungan ke Kimura Rattan Co., Ltd, di Osaka, Jepang.

Dikutip kantor berita Antara dari keterangan tertulis Wamendag, Jerry Sambuaga menyampaikan produk rotan Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik. Sehingga diminati importir luar negeri, termasuk Jepang.

"Kami sangat mengapresiasi langkah Kimura Rattan yang setia selama 49 tahun memilih rotan Indonesia sebagai bahan baku produk-produknya. Ini menjadi bukti bahwa rotan Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik dan diminati dunia," papar Jerry Sambuaga.

Menurutnya, importasi rotan yang dilakukan Kimura Rattan secara tidak langsung telah turut berpartisipasi dalam peningkatan hubungan dagang Indonesia dengan Jepang.

Baca Juga: 100 Peserta Termasuk UMKM Ambil Bagian dalam Indonesia Maju Expo dan Forum 2024

"Kerja sama ini tidak hanya bermanfaat bagi kedua belah pihak, akan tetapi membantu meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara," jelas Jerry Sambuaga.

Ada pun total impor rotan oleh Kimura Rattan dari Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Berikut pemetaannya:

  • Oktober 2020-September 2021 senilai 2,11 juta dolar Amerika Serikat (AS)
  • Oktober 2021-September 2022 senilai 2,16 juta dolar AS
  • Oktober 2022-September 2023 senilai 2,33 juta dolar AS

Ia menambahkan bahwa Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi ekspor produk rotan berkualitas tinggi ke Jepang.

Salah satunya melalui Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka yang selalu siap membantu dalam hal peningkatan kualitas produk, promosi, serta penyelesaian berbagai kendala yang dihadapi.

"Kami harap kerja sama yang telah terjalin dapat dikembangkan lebih ekstensif. Jika ada keinginan atau peluang kerja sama lain yang ingin dijajaki, jangan ragu untuk menghubungi pihak ITPC Osaka yang selalu siap membantu," pungkas Jerry Sambuaga.

Baca Juga: INDEF Minta UMKM Dilibatkan, Program Makan Gratis Jangan Pakai Produk Impor!

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #rotan #indonesia #mendunia #negara #hampir #setengah #abad #andalkan #produk #kita

KOMENTAR