Pertamina International Shipping Bukukan 50 Rute Global, Cetak Laba 330 Juta Dolar AS
Salah satu kapal tanker gas raksasa ''very large gas carrier'' (VLGC), Pertamina Gas Dahlia milik Pertamina International Shipping (PIS) [ANTARA/HO-PIS].
14:32
25 Juni 2024

Pertamina International Shipping Bukukan 50 Rute Global, Cetak Laba 330 Juta Dolar AS

Dari tujuh benua di dunia, yaitu Asia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antarktika, PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics PT Pertamina (Persero) telah sukses melakukan pelayaran bisnis lima kontinen di antaranya.  Yaitu dalam kapasitas sebagai perusahaan pengangkut bahan bakar.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT PIS akan terus melakukan ekspansi bisnis di pasar internasional.

Sebagaimana dipaparkan Yoki Firnandi, CEO PT PIS, pada 2023 PT Pertamina International Shipping mencatatkan sejumlah prestasi. Baik dari sisi kinerja keuangan, operasional, armada, ekspansi bisnis, sampai komitmen untuk terus menjalankan bisnis berkelanjutan.

Dari sisi kinerja keuangan, PT PIS sukses mencetak laba senilai 330 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau naik sebesar 60,94 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Rp 3 M, Nilai Kontrak Pengelola Plaza Gamalama: Dukung Pengembangan UMKM Ternate

Pencapaian itu, salah satunya didorong oleh third party revenue atau pendapatan pihak ketiga, yang porsinya meningkat dari 14 persen pada 2022 menjadi 19 persen pada 2023.

"Hal ini mencerminkan kesuksesan PIS dalam ekspansi internasional. Dengan kehadiran kantor cabang kami di Singapura dan Dubai, perusahaan kini merambah 50 rute global dan telah menjelajahi lima benua di dunia," papar Yoki Firnandi.

Kenaikan laba signifikan juga didorong pertumbuhan pendapatan perusahaan, PT PIS sukses membukukan 3,330 miliar dolar AS, melebihi target Rancangan Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk 2023 sebesar 111,37 persen.

Pertumbuhan itu didorong peningkatan kargo impor Free-On-Board (FOB), sewa kapal, dan jasa pelabuhan.

Berbagai revenue stream juga mendorong pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) naik 16,88 persen menjadi 990,37 juta dolar AS.

Baca Juga: Mi Buatan UMKM Maluku Lolos Kurasi Kementerian BUMN, Promosikan Bahan Pangan Unggulan

Sebagai urat nadi virtual energi, PT PIS telah mengangkut 161 miliar liter minyak, produk Bahan Bakar Minyak (BBM), dan LPG (Liquid Petroleum Gas) alias elpiji yang didistribusikan ke pasar domestik mau pun internasional.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun mendukung upaya PT PIS untuk melakukan ekspansi bisnis di pasar internasional.

"PIS adalah perusahaan pengangkut bahan bakar. Di masa mendatang harus bermain di pasar regional dan internasional. Harus ekspansi, paling tidak di kawasan regional ASEAN," jelas Antoni Arif Priadi, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Lewat ekspansi itu, PIS bisa menciptakan nilai (value creation) sehingga berdampak pada bisnis perusahaan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kalau ekspansi, sebenarnya PT PIS adalah full BUMN (Badan Usaha Milik Negara), juga harus bisa mengembangkan diri sebagai creating value," tandas Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #pertamina #international #shipping #bukukan #rute #global #cetak #laba #juta #dolar

KOMENTAR