APJAPI Nilai Penumpang Masih Remehkan Candaan Bom di Pesawat, Padahal Itu Bahaya!
Ketua APJAPi Alvin Lie/Achmad Fauzi
13:37
20 Juni 2024

APJAPI Nilai Penumpang Masih Remehkan Candaan Bom di Pesawat, Padahal Itu Bahaya!

Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (APJAPI) menyoroti masih banyak penumpang pesawat yang tidak tertib. Salah satunya, membuat becandaan bahwa dirinya tengah membawa bom.

Padahal becandaan itu bisa mengancam tidak hanya penumpang lain, tetapi seluruh pihak dalam unsur penerbangan.

"Ketika mengucapkan ujaran 'saya bawa bom', ini bukan hal yang main-main. Karena setiap ucapan itu di dalam dunia penerbangan diperlakukan sebagai ancaman serius," ujar Ketua Umum APJAPI Alvin Lie dalam diskusi APJAPI di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Dia menyesalkan, candaan membawa bom selalu berulang oleh penumpang di Indonesia.

Baca Juga: Pemiliknya Jadi Tersangka Kasus Timah, Sriwijaya Air Terancam Gulung Tikar

Alvin menyebut di negara lain, jika satu pihak melayangkan ujaran tersebut, maka penegak hukum langsung melakukan evakuasi menyeluruh.

"Nah sayangnya di Indonesia ujaran tentang bom itu dianggap sebagai candaan, ini sangat meremehkan. Di negara negara lain, ketika ada penumpang mengatakan membawa bom itu seluruh sangat dievakuasi," bilang dia

"Bahkan ada kejadian seorang penumpang ketika pesawatnya sedang mengudara dia mengucapkan dia membawa bom, pesawat itu langsung diintervensi oleh pesawat tempur angkatan udara setempat," sambung Alvin.

Menurut dia, harus ada sanksi berat untuk menangani perilaku tidak disiplin ini. Hal ini untuk memberik efek jera agara tidak becanda membawa bom yang bisa merugikan banyak pihak.

"Di Indonesia sayangnya sampai saat ini jarang diproses hukum, biasanya cukup materai Rp 10.000," tegas Alvin.

Baca Juga: Pungutan Iuran Pariwisata oleh Pemerintah Rawan untuk Diselewengkan

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra menambahkan, memang dampak dari becandaan membawa bom sangat panjang. Bahkan, bisa mengakibatkan penundaan penerbangan atau delay hinga berjam-jam.

"Cuman, negara-negara tertentu sangat serius ngadepin ini. Jadi kita ada penerbangan umroh yang salah satu penumpangnya bercanda bom jokes. Itu mengakibatkan delay 10 jam pesawat tersebut. Kenapa? Karena seluruh penumpangnya dikeluarkan, seluruh penumpangnya diisolasi di boarding room, nggak bisa keluar, kita juga nggak bisa masuk," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #apjapi #nilai #penumpang #masih #remehkan #candaan #pesawat #padahal #bahaya

KOMENTAR