Biaya Kuliah Kedokteran di Indonesia Lebih dari Rp1 M, DPR: Masya Allah, Seharga Alphard!
ilustrasi mahasiswa kedokteran [Pixabay]
14:34
19 Juni 2024

Biaya Kuliah Kedokteran di Indonesia Lebih dari Rp1 M, DPR: Masya Allah, Seharga Alphard!

Wakil Ketua Komisi X, Dede Yusuf, menyoroti tingginya biaya pendidikan kedokteran di Indonesia yang setara dengan harga sebuah mobil Toyota Alphard, yaitu sekitar Rp1,407 miliar.

"Saya sudah mendapatkan data, masya Allah, biaya institusinya bisa setara dengan membeli satu Alphard hanya untuk membayar biaya gedung, belum termasuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mungkin mencapai ratusan juta," ujar Dede saat memberikan pengantar dalam Rapat Dengar Pendapat Panitia Kerja (Panja) Pembiayaan Pendidikan bersama Kemendikbudristek dan Kemendagri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Menurut Dede, masalah ini sangat penting untuk diselesaikan karena Indonesia sangat membutuhkan lebih banyak dokter.

"Menteri Kesehatan selalu mengatakan kita kekurangan dokter, ini kita dilematis," kata dia, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Full Senyum: Dikerubungi Gadis, Foto Bareng Mobil Mewah Harga Setara UKT 27 Semester Kedokteran UI

Lebih lanjut, Dede menilai bahwa masalah biaya pendidikan yang mahal masih menjadi salah satu masalah yang belum terselesaikan. Bahkan, masyarakat mulai mempertanyakan apakah amanat pemerintah agar 20 persen anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk sektor pendidikan telah dijalankan dengan baik.

"Masalah pembiayaan pendidikan ini masih belum tuntas. Masyarakat bertanya ke mana saja 20 persen anggaran tersebut digunakan dan untuk apa saja," ujar Dede.

Oleh karena itu, baik untuk pendidikan umum maupun kedokteran, Dede meminta Kemendikbudristek untuk kembali mengevaluasi prioritas anggaran agar biaya pendidikan tinggi tidak membebani peserta didik dan orang tua mereka.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut ada tiga masalah dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Indonesia, yaitu jumlah, distribusi, dan kualitas.

"Rata-rata dunia, jumlah dokter per populasi 1,76 per seribu. Negara maju yang kita inginkan, ya itu di atas dua lah. Dua per seribu, tiga per seribu, ada yang empat per seribu," ujar Menkes Budi.

Baca Juga: Publik Soroti Ibu di Lampung Gantikan Anaknya yang Meninggal saat Diwisuda: Tegar Banget!

"Rata-rata dunia, jumlah dokter per populasi 1,76 per seribu. Negara maju yang kita inginkan, ya itu di atas dua lah. Dua per seribu, tiga per seribu, ada yang empat per seribu," ujar Menkes Budi Gunadi dalam acara Forum Komunikasi Tenaga Kesehatan di Jakarta, Selasa.

 Menurut Menteri Kesehatan, di negara-negara dengan pendapatan menengah ke atas, rasio dokter per populasi adalah satu banding seribu. Oleh karena itu, rasio dokter di Indonesia perlu meningkat sebesar 0,5 persen untuk mencapai angka tersebut.

Dengan populasi sebesar 280 juta, Indonesia membutuhkan tambahan 140 ribu dokter. Jika setiap tahun dapat menghasilkan 12 ribu dokter baru, maka diperlukan waktu 10 tahun untuk mencapai rasio tersebut.

Selain itu, Menteri Kesehatan menyebutkan bahwa sekitar 500 puskesmas di Indonesia tidak memiliki dokter. Kenyataan bahwa seorang dokter bisa bekerja di tiga tempat sekaligus menunjukkan kekurangan tenaga kesehatan.

Ia juga menyatakan bahwa Indonesia masih kekurangan sekitar 29.000 dokter spesialis. Selain kekurangan tersebut, distribusi dokter juga menjadi masalah karena mayoritas tenaga medis terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #biaya #kuliah #kedokteran #indonesia #lebih #dari #masya #allah #seharga #alphard

KOMENTAR