Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Antam Laksanakan Gertas untuk Bantu Permasalahan Sampah Masyarakat
Antam Laksanakan Gertas untuk Bantu Permasalahan Sampah Masyarakat. (Dok: Antam)
10:18
19 Juni 2024

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Antam Laksanakan Gertas untuk Bantu Permasalahan Sampah Masyarakat

Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat PT Antam melaksanakan Gerakan Tayan Bebas Sampah (Gertas) di  Bundaran Pulau Tayan, pada 9-10 Juni 2024. Acara ini merupakan kegiatan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH).

Menurut Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, Hartono, Gertas merupakan salah satu upaya penyelesaian masalah sampah di wilayah Tayan Hilir, yang bersinergi dengan stakeholder setempat.

“Kami berharap, kegiatan susur sampah yang diinisiasi Antam ini dapat membantu penyelesaian sampah di Tayan Hilir,” katanya.

Kegiatan ini juga merupakasan salah satu bentuk tanggung jawab Antam dalam menjalankan praktik pertambangan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan, yang mengacu pada environment, social, and governance (ESG) dalam keberlanjutan lingkungan dan perubahan iklim. Pelaksanaan Gertas merupakan bentuk kepedulian program pengelolaan sampah yang berdampak pada masyarakat luas khususnya di wilayah operasi unit.

Baca Juga: Begini Cara Perusahaan BUMN Kurangi Dampak Emisi Karbon

“Kami mengadakan 4 kegiatan utama Gertas, senam bahagia, susur sampah, penanaman pohon, dan launching bank sampah milenial.  Kegiatan ini akan berlanjut pada rencana program lingkungan Antam, yaitu program 3R sampah, Gertas, dan pemanfaatan sampah,” tambahnya.

Masyarakat antusiasme dalam kegiatan susur sampah. Selama 30 menit, jumlah sampah yang terkumpul mencapai 391,5 kg, yang didominasi oleh sampah plastik. 

Setelah kegiatan susur sampah, peserta melanjutkan dengan penanaman  47 pohon pada beberapa titik, yang merupakan lahan kritis di sekitar bundaran Pulau Tayan.

Adapun acara puncak HLH dilaksanakan Senin (10/6/2024), dengan penanaman pohon simbolis dan pemberian Alat Pelindung Diri (APD) kepada para rangers selaku mitra bank sampah millennial sebanyak 10 paket APD.

Setelah penanaman pohon, acara dilanjutkan dengan launching Bank Sampah Millenial Pedalaman dan pembagian APD untuk rangers (Mitra Bank Sampah Millenial Pedalaman), yang mendapat apresiasi dari PJ Bupati Sanggau dan masyarakat setempat.

Baca Juga: Festival Sejauh Mata Memandang Ajak Selamatkan Bumi Lewat Fesyen, Caranya?

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, seluruh unsur Muspika dan Forkopincam Wilayah Kecamatan Tayan Hilir. Inisiasi kegiatan yang dilakukan mendorong adanya inovasi baru dalam hal pengelolaan sampah, yakni kegiatan susur sampah.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #sambut #hari #lingkungan #hidup #sedunia #antam #laksanakan #gertas #untuk #bantu #permasalahan #sampah #masyarakat

KOMENTAR