Paramount Land Sediakan Mesin Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Diubah Energi Terbarukan
Marketing Galery Paramount Petals/Dok Paramount Land
16:47
6 Juni 2024

Paramount Land Sediakan Mesin Pengumpulan Minyak Jelantah untuk Diubah Energi Terbarukan

Paramount Land melalui Paramount Estate Management (PEM) menggandeng Noovoleum untuk mengolah minyak jelantah menjadi energi terbarukan. Dalam tahap awal, akan ada mesin pengumpulan minyak jelantah di kawasan Paramount Gading Serpong.

Setidaknya ada 15 titik mesin pengumpulan minyak jelantah area Paramount Gading Serpong termasuk klaster hunian dan area komersial, seperti Aniva Junction, Pasar Modern Paramount, Seafood Market Paramount, dan lainnya.

"Harapan kami, masalah saluran air yang terhambat oleh minyak limbah rumah tangga dapat diatasi secara aman dan efisien, serta berubah menjadi sesuatu yang bermanfaat khususnya bagi warga klaster dan ruko Paramount Gading Serpong. Solusi inovatif ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dan langkah proaktif menuju keberlanjutan yang menjadikan Kota Gading Serpong lebih lestari dan nyaman bagi semua orang," ujar Direktur Paramount Estate Management Oktavianus Ekowibowo yang dikutip, Kamis (6/6/2024).

Kekinian, masih banyak orang yang belum memiliki kesadaran akan bahaya membuang minyak jelantah sembarangan. Umumnya, minyak jelantah dibuang ke saluran dekat rumah, tempat sampah, atau ke tanah.

Baca Juga: Luhut Bermimpi Ubah Minyak Jelantah jadi Avtur

Padahal minyak yang terserap ke dalam tanah dapat menggumpal dan menutup pori-pori tanah sehingga tekstur tanah akan keras dan ketika musim penghujan datang, tanah tidak bisa menyerap air dengan baik.

Program kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Paramount Land dalam mengadopsi inisiatif berkelanjutan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Head of Business Development noovoleum, Chitra Ananda menambahkan upaya ini dalam rangka mengatasi tantangan lingkungan terkait pembuangan minyak jelantah.

"Melihat tingkat okupansi hunian dan komersial yang sangat tinggi di Gading Serpong, kami berharap gerakan ini dapat menjangkau masyarakat luas dan membawa perubahan positif terutama dalam pengolahan limbah dan penyelamatan lingkungan," imbuh dia.

Untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, masyarakat dapat mengunduh aplikasi UCOllect by noovoleum di Google Playstore dan Apple App Store untuk menemukan titik-titik mesin UCOllect Box terdekat lalu mendaftarkan diri.

Baca Juga: Bank BNI Masih Rajin Beri Pinjaman ke Proyek Energi Kotor, Nilainya Naik Jadi Rp26,4 Triliun

Pemilik akun akan mendapatkan barcode yang dapat di-scan pada UCOllect Box untuk membuka tempat penampungan minyak jelantah. Selanjutnya, masyarakat dapat membawa langsung minyak jelantah yang telah dikumpulkan ke mesin-mesin UCOllect Box dan mengikuti instruksi penyetoran minyak jelantah.

Setiap liter minyak jelantah yang disetorkan dapat ditukarkan menjadi uang atau didonasikan. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat memantau riwayat penyetoran dan saldo pendapatan, serta menemukan beragam tips tentang daur ulang minyak jelantah.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #paramount #land #sediakan #mesin #pengumpulan #minyak #jelantah #untuk #diubah #energi #terbarukan

KOMENTAR