Mau Visi Indonesia Tahun 2045 Tercapai? Sri Mulyani: Kuncinya Ada di Program Makanan Bergizi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan komitmen Indonesia meningkatkan kepatuhan, transparansi, dan efektivitas dalam memerangi kejahatan keuangan saat Financial Action Task Force (FATF) Ministerial Meeting.
15:36
4 Juni 2024

Mau Visi Indonesia Tahun 2045 Tercapai? Sri Mulyani: Kuncinya Ada di Program Makanan Bergizi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut Indonesia butuh berinvestasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Misalnya, dengan program makanan bergizi untuk perbaikan kualitas SDM untuk bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Menurut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi harus mencapai 6-8 persen untuk Indonesia Emas bisa terwujud.

"Program perbaikan sumber daya manusia (SDM) termasuk melalui program makanan bergizi dan perbaikan reformasi kesehatan , perbaikan kualitas pendidikan serta penyempurnaan jaring pengaman sosial menjadi sangat penting dalam meningkatkan produktivitas SDM Indonesia," ujar Sri Mulyani saat menghadiri Rapat Paripurna DPR ke-19 Masa Persidangan V 2023-2024 di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Selain program pemerintah, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia juga menyarankan, RI juga butuh belajar dari negara lain seperti Korea Selatan dan Taiwan yang pemerintahnya gencar menjaga kualitas SDM-nya. Sebab, jika SDM terampil, maka dampaknya cukup besar terhadap produktivitas.

Baca Juga: Sri Mulyani: Program Makanan Bergizi Prabowo Penting

"Demikian juga dengan pengalaman Taiwan untuk menjadi negara maju investasi bahkan tumbuh 20 persen dan sektor manufaktur tumbuh di atas 8 persen," kata dia.

Tak hanya SDM, Bendahara Negara ini juga mengingkatkan perlu adanya perbaikan iklim investasi. Terutama disektor padat karya manufaktur yang bisa meningkatkan produktivitas.

"Untuk mencapai pertumbuhan tinggi kontribusi dari produktivitas harus dan wajib ditingkatkan hal ini bisa diperoleh melalui investasi SDM dan transformasi ekonomi agar menciptakan nilai tambah yang semakin tinggi di dalam perekonomian nasional," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #visi #indonesia #tahun #2045 #tercapai #mulyani #kuncinya #program #makanan #bergizi

KOMENTAR