Solo Bakal Jadi Kota Metropolitan, Perlu Kerja Sama dengan Banyak Kabupaten Penyangga
Pura Mangkunegaran Surakarta, sebagai salah satu ikon budaya Kota Solo. Kota ini akan menyandang predikat baru sebagai kota metropolitan [ANTARA/Bambang Dwi Marwoto]
18:23
31 Mei 2024

Solo Bakal Jadi Kota Metropolitan, Perlu Kerja Sama dengan Banyak Kabupaten Penyangga

Di tengah kentalnya nuansa budaya tradisional, Solo bersolek menjadi lebih modern. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai program unggulan.

Dikutip dari kantor berita Antara, ada 17 program prioritas yang dicanangkan Mas Wali Kota Solo ini. Antara lain destinasi lama disulap menjadi lebih modern, seperti kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) diubah menjadi Solo Safari. Kemudian Taman Balekambang dilengkapi berbagai bangunan modern.

Upaya ini adalah bagian menjadikan Solo lebih modern, namun tidak meninggalkan julukannya sebagai kota budaya.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyiapkan Solo dan Semarang menjadi metropolitan.

Baca Juga: Chandra Asri Group Optimis Lini Bisnis Infrastruktur Perkuat Kinerja Perusahaan

Dewi Virgiyanti, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas menyatakan hal ini tidak lepas dari visi Pemerintah terkait pengembangan pusat pertumbuhan, seperti metropolitan.

Semarang dan Solo dianggap bisa menjadi metropolitan baru menuju kota global dan ekonomi hijau. Untuk menuju metropolitan, bisa dilakukan secara fungsional atau tidak hanya sebatas administrasi.

Solo yang mengusung slogan "The Spirit Van Java" adalah kota pusat kebudayaan Jawa. Beberapa ikon budaya Jawa di kota ini, antara lain, Gedung Wayang Orang Sriwedari dan Taman Budaya Jawa Tengah.

Juga terdapat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran, keduanya pusat perkembangan budaya Jawa. Aktif mengadakan kirab dengan gunungan khas Jawa.

Gibran Rakabuming Raka berpandangan bahwa kota metropolitan baru bisa diselenggarakan dengan baik jika menjalin kerja sama dengan kabupaten-kabupaten lain yang ada di sekitar Solo.

Baca Juga: UMKM Kabupaten Lebak Jadikan Makanan Tradisional Andalan Bisnis, Raup Cuan Miliaran Rupiah

Kerja sama itu bisa dilakukan dari berbagai sektor, di antaranya transportasi publik, pariwisata, dan penyelenggaraan acara.

Kolaborasi dengan daerah sekitar menjadi salah satu modal utama mengingat Solo tidak bisa sendiri tanpa daerah penyangga. Daerah penyangga Solo, di antaranya Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Wonogiri, dan Sragen.

"Kami harus mengejar juga untuk memperbaiki, merevitalisasi sarana dan prasarana," katanya.

Pemkot Surakarta juga sudah menuangkan konsep kota metropolitan ke dalam Rencana Pembangunan Daerah Jangka Panjang Kota Surakarta Tahun 2024-2044.

Budi Murtono, Sekretaris Daerah Kota Surakarta mengatakan dari RPJPD 2024-2044, Solo akan diarahkan sebagai kota penghubung untuk pertumbuhan Jawa Tengah. Termasuk cetak biru perkembangan industri di Kota Solo sudah dicantumkan.

Daryono, salah seorang pegiat wisata Solo mengatakan hinterland atau kota penyangga memegang peranan penting. Dengan luasan 46,72 km2 Solo tidak bisa sendiri. Perlu pemahaman dan kerja bersama untuk mencapai metropolitan.

Program harus menjadi prioritas pemda. Jika tidak menjadi prioritas dan tidak ada pemahaman bersama maka tidak akan mungkin terjadi. Pasalnya, pembangunan berbasis kewilayahan menjadi hal penting.

Selain Pemerintah, pihak swasta juga harus siap dan lebih aktif mengingat jika sebatas menunggu regulasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan, pelaku usaha harus menjadi garda terdepan dalam menginisiasi investasi.

Dari sisi Pemerintah, dibutuhkan insentif dari pembuat regulasi agar percepatan Solo sebagai metropolitan cepat terealisasi.

"Tanpa regulasi yang cepat oleh Pemerintah, insentif akan sulit," tukas Daryono.

Baik Pemerintah, swasta, mau pun masyarakat perlu bersinergi. Meski tidak berhubungan langsung dengan investor, setidaknya dengan sikap kooperatif dari masyarakat akan menjadikan investor lebih tenang dalam berinvestasi.

Investasi tidak hanya berhubungan dengan keuntungan investor, juga dari sisi ketersediaan lapangan kerja yang akan menguntungkan masyarakat sekitar.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #solo #bakal #jadi #kota #metropolitan #perlu #kerja #sama #dengan #banyak #kabupaten #penyangga

KOMENTAR