Pengalaman Unik Menanti di Desa Wisata Jayapura: Perlu Dukungan Pemerintah-Masyarakat
Salah satu kampung nelayan yang menjadi andalan pariwisata kategori desa wisata, yaitu Kampung Hamadi di Kota Jayapura [Kementerian PUPR]
16:15
21 Mei 2024

Pengalaman Unik Menanti di Desa Wisata Jayapura: Perlu Dukungan Pemerintah-Masyarakat

Kota Jayapura, Papua telah memiliki beberapa desa wisata. Antara lain Kampung Holtekamp, Kampung Tobati, Kampung Nafri, Kampung Enggros, Kampung Kayo Pulau, dan Kampung Hamadi.

Dikutip dari kantor berita Antara, Dinas Pariwisata Kota Jayapura terus mengoptimalkan potensi wisata kampung. Caranya dengan menyediakan sarana dan prasarana penunjang pariwisata.

Matias Mano, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura di Jayapura, Selasa (21/5/2024) menyatakan bahwa potensi wisata menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kampung. Sehingga untuk pengembangan sektor pariwisata di Kota Jayapura membutuhkan komitmen dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.

Sebelum menyediakan sarana penunjang pariwisata pihaknya lebih dulu mengkaji potensi yang ada di setiap kampung. Antara lain melakukan analisa sumber daya alam, budaya dan sejarah serta kekhasan di masing-masing kampung.

"Pengembangan usaha Kampung wisata juga untuk mendukung pelestarian sumber daya alam dan budaya lokal," kata Matias Mano.

Untuk pengembangan ini, Dinas Pariwisata Kota Jayapura menyediakan berbagai sarana yang memadai guna mengoptimalkan potensi wisata di setiap kampung sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Untuk itu kami terus memperbaiki dan melengkapi fasilitas di sejumlah kampung. Di antaranya layanan internet, listrik, jalan dan sarana air bersih," lanjutnya.

"Kami juga telah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di setiap Kampung sehingga diharapkan dengan dibentuknya kelompok ini pengembangan wisata kampung lebih baik," kata Matias Mano.

Ditambahkannya bahwa potensi pariwisata bukan saja terkait sumber daya alam. Namun kekayaan budaya, meliputi kerajinan tangan, kesenian, sampai peninggalan bersejarah.

"Untuk itu diharapkan pokdarwis di setiap kampung bisa menjadi ujung tombak dalam pengembangan wisata sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #pengalaman #unik #menanti #desa #wisata #jayapura #perlu #dukungan #pemerintah #masyarakat

KOMENTAR