Korsel Siapkan Rp 117 Triliun untuk Memenangi Perang Industri Chip Global
Ilustrasi chip. [Bru-nO/Pixabay]
13:07
13 Mei 2024

Korsel Siapkan Rp 117 Triliun untuk Memenangi Perang Industri Chip Global

Korea Selatan (Korsel) menyiapkan rencana jangka panjang agar dapat memenangi peperangan dalam industri chip global. Negara itu menyuntikkan 10 triliun Won (US$ 7,30 miliar) atau setara Rp117 triliun (kurs Rp16.087) untuk investasi dan penelitian pada industri chip.

Melansir dari Reuters, langkah tersebut diumumkan Menteri Keuangan Korea Selatan Choi Sang-mok pada Minggu (12/5). Katanya, pemerintah Korsel akan mengumumkan rincian paket kebijakan dalam waktu dekat.

Adapun paket kebijakan akan mencakup dukungan pengembangan bahan baku chip, peralatan
pembuat chip, hingga perusahaan lain yang masuk dalam rantai produksi chip. Dukungan ini akan diberikan dalam bentuk pinjaman, serta kerjasama pembiayaan antara pemerintah dan swasta.

Korsel sendiri tengah membangun klaster mega chip di kota Yongin, sisi selatan Seoul, ibu kota Korsel. Klaster itu digadang-gadang akan jadi kompleks teknologi terbesar di dunia.

Negara ini memang sedang getol-getolnya berinvestasi dalam pengembangan teknologi.

Sebelumnya pada April 2024, Presiden Korsel Yon Suk Yeol urut mengatakan Korsel siap menggelontorkan dana sebesar 9,4 triliun Won (US$ 6,94 miliar) atau setara Rp 111 triliun (kurs Rp16.087) pada 2027 untuk mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Investasi tersebut akan mencakup dana terpisah senilai 1,4 triliun Won untuk menggenjot perusahaan-perusahaan semikonduktor AI di negara tersebut dapat terus berinovasi.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #korsel #siapkan #triliun #untuk #memenangi #perang #industri #chip #global

KOMENTAR