TKI ini Boleh Sepuasnya Kirim Produk dari Luar Negeri ke Kampung Halaman
Petugas Bea Cukai memeriksa calon penumpang [Ist]
15:59
2 Mei 2024

TKI ini Boleh Sepuasnya Kirim Produk dari Luar Negeri ke Kampung Halaman

Pemerintah aturan soal barang kiriman dari luar negeri, tertutama dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI. Beleid yang diubah yaitu Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor menjadi Permendag Nomor 7 Tahun 2024.

Dalam aturan yang baru, tidak ada pembatasan bagi barang kiriman TKI maupun barang yang dibawa penumpang pesawat dari luar negeri.

"Jadi ini diundangkan 29 April 2024 dan berlaku 7 hari setelah diundangkan, artinya 6 Mei 2024," ujar Direktur Impor Kementerian Perdagangan, Arif Sulistyo, dalam sosialisasi aturan Permendag secara virtual, Kamis (2/5/2024).

Meski tak dibatasi, jelas dia, barang kiriman dari TKI tetap yang memang dilarang dan berbahaya tidak bisa dikirim ke dalam negeri.

Ilustrasi Bea Cukai. [Dok: Bea Cukai]Ilustrasi Bea Cukai. [Dok: Bea Cukai]

"Barang yang dilarang itu diatur Permendag no 40 tahun 2022. Barang yang kaitannya dengan barang berbahaya. Barang terkait keselatan keamanan, kesehatan dan lingkungan hidup, ini tidak boleh masuk wilayah pabean Indonesia," imbuh dia.

Aturan Barang Bawaan Penumpang

Arif memamparkan, aturan pada TKI tersebut juga berlaku pada barang bawaan pribadi penumpang, di mana jumlahnya tak dibatasi, kecuali produk yang berbahaya.

Barang yang dikirim atau dibawa juga boleh dalam kondisi baru maupun bekas.

Aturan barang kiriman TKI yang tak terbatas ini juga termaktub dalam aturan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 141 tahun 2023 tentang Ketentuan Impor Barang Pekerja Migran Indonesia.

Namun, barang kiriman TKI nilai barangnya tidak boleh lebih 1.500 dolar AS per tahun.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #boleh #sepuasnya #kirim #produk #dari #luar #negeri #kampung #halaman

KOMENTAR