Bank Mandiri Raup Cuan Rp 12,7 Triliun di Kuartal I-2024
Gedung Bank Mandiri. (Dok: Bank Mandiri)
21:14
30 April 2024

Bank Mandiri Raup Cuan Rp 12,7 Triliun di Kuartal I-2024

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih laba bersih pada kuartal I tahun 2024 sebesar Rp 12,7 triliun atau tumbuh 1,13 % secara YoY.

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi memaparkan, di tiga bulan pertama tahun ini, perseroan menyalurkan kredit konsolidasi sebesar Rp 1.435 triliun atau tumbuh 19,1%.

Pencapaian tersebut melampaui pertumbuhan kredit industri yang secara tahunan tumbuh sebesar 12,4% pada akhir Maret 2024. .

"Melalui pencapaian fungsi intermediasi ini, Bank Mandiri mempertegas peranan sebagai agen pembangunan yang berupaya untuk berkontribusi maksimal terhadap perekonomian di Indonesia," ujar Darmawan dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (30/4/2024).

Fungsi intermediasi itu, lanjut Darmawan, merata di seluruh segmen dengan pertumbuhan dua digit. Hingga akhir Maret 2024, kredit segmen wholesale perseroan berhasil tumbuh 25,2% YoY mencapai Rp 751 triliun dan kredit ritel tumbuh 10,9% YoY menjadi Rp 363 triliun.

Dok: Bank MandiriDok: Bank Mandiri

Darmawan menambahkan, dalam menghadapi dinamika ekonomi yang fluktuatif, Bank Mandiri terus mengedepankan prinsip kehati-hatian, termasuk melakukan berbagai inisiatif dan inovasi layanan bagi seluruh nasabah dan stakeholder guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Upaya tersebut pun berbuah manis, terlihat dari posisi kualitas aset Bank Mandiri yang lebih baik, dibandingkan dengan lima bank besar.

Tercatat, rasio non-performing loan (NPL) Gross bank only yang terus terjaga hingga ke level 1,02% per Maret 2024, turun 68 basis poin (bps) dari periode yang sama di tahun lalu yang sebesar 1,7%. Di samping itu, Bank Mandiri juga sangat prudent dan konservatif dalam menetapkan pencadangan kredit, tercermin dari coverage ratio bank only yang berada di level 368%.

Perbaikan dari sisi kualitas kredit tersebut juga tercermin dari biaya kredit atau cost of credit (CoC) yang terjaga di level rendah yakni 0,99% per akhir Maret 2024.

"Kami akan melanjutkan strategi yang telah kami jalankan selama beberapa tahun terakhir yaitu penguatan core competence Bank Mandiri di segmen wholesale dan meningkatkan pertumbuhan segmen retail dengan pendekatan value chain yang berbasis ekosistem serta fokus pada sektor unggulan di wilayah Indonesia," pungkas Darmawan

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #bank #mandiri #raup #cuan #triliun #kuartal #2024

KOMENTAR