Debat Capres Ketiga: Jadwal, Tema Debat dan Dampaknya Pada APBN
Ketiga Pasangan Capres-Cawapres 2024 Usai Menghadiri Debat Capres Perdana Pada Selasa (12/12/2023) Kemarin (instagram.com/prabowo)
15:08
7 Januari 2024

Debat Capres Ketiga: Jadwal, Tema Debat dan Dampaknya Pada APBN

Debat ketiga Pemilihan Presiden 2024 akan segera dilaksanakan hari ini, 7 Januari 2024, dan mempertemukan ketiga kandidat calon presiden dari masing-masing koalisi. Jadwal dan tema debat ketiga capres ini akan menarik untuk dibahas, karena meliputi banyak isu strategis.

Isu-isu strategis ini memang secara langsung tidak membahas kondisi keuangan negara. Namun demikian ketika nantinya dibahas, tentu akan ada satu dan lain hal yang berkenaan dengan kondisi finansial negara Indonesia, sehingga Anda juga wajib melek pada pembahasan isu ini.

Jadwal Debat Capres

Seperti telah disampaikan sebelumnya, debat calon presiden ini akan dilaksanakan pada hari ini, 7 Januari 2024, dan akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan lokasi di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Beberapa tautan dengan mudah dapat Anda peroleh untuk menyaksikan debat ini.

Debat sendiri akan dilaksanakan dengan durasi 150 menit, termasuk iklan dan sebagainya, untuk durasi debat sekitar 120 menit dan akan dibagi ke dalam enam segmen berbeda, dan tentunya menjanjikan pembahasan yang menarik dari masing-masing capres.

Tema Debat Capres Cawapres

Untuk temanya sendiri, yang diangkat adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Nantinya masing-masing capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, akan disajikan pertanyaan mengenai topik-topik ini.

Topik atau tema debat yang diangkat ini terbilang strategis, karena menyangkut banyak aspek krusial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Seperti yang Anda pahami bersama, nantinya akan banyak sekali pembahasan yang muncul, seperti terkait dengan belanja alutsista, kesejahteraan aparat TNI dan Polri, kekuatan pertahanan negara atas kedaulatan wilayah, keberlanjutan visi poros maritim dunia, posisi Indonesia pada politik global, peran pada perdamaian dunia, dan bahkan mungkin pada isu sensitif mengenai pengungsi Rohingya.

Lalu apa dampak pembahasan ini pada keuangan negara?

Sebagian besar aspek dari yang disebutkan di atas jelas akan terkait dengan keuangan negara. Mulai dari belanja alutsista, peningkatan kesejahteraan aparat TNI dan Polri, hingga alokasi belanja untuk menjaga kedaulatan negara di perbatasan wilayah dan lain sebagainya.

Jelas, hal-hal ini tidak akan jauh dari pengeluaran dan alokasi APBN. Sedikit banyak akan berkaitan dengan berbagai urusan keuangan.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #debat #capres #ketiga #jadwal #tema #debat #dampaknya #pada #apbn

KOMENTAR