Tak Hanya Rumah di Senayan, Andika Perkasa Punya Aset Properti Mentereng Lintas Negara
Andika Perkasa (instagram/jenderaltniandikaperkasa)
17:32
23 April 2024

Tak Hanya Rumah di Senayan, Andika Perkasa Punya Aset Properti Mentereng Lintas Negara

Rumah mewah milik eks Panglima TNI Jenderal (Purn.) Andika Perkasa viral di media sosial setelah dikunjungi oleh Youtuber Thariq Halilintar. Dengan gaji utamanya sebagai perwira TNI pada kisaran Rp5,9 juta per bulan mustahil Andika bisa membangun rumah enam lantai.

Isu mengenai daftar perusahaan milik Andika Perkasa kemudian menjadi gosip baru sang jenderal mengumpulkan pundi – pundi rupiah. Tak lain untuk membangun istana yang dilengkapi dengan ruang makan mewah, kamar tamu super besar, hingga fasilitas gym lengkap milik pribadi. 

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir dilaporkan Andika pada 2022 lalu, rumah tersebut diketahui berlokasi di perumahan mewah Senayan Residence Town House.

Harganya mencapai Rp4,5 miliar. Nilai yang layak untuk membeli rumah dengan pintu – pintu penuh ukiran kayu klasik, kamar tamu sangat luas dengan perabotan mewah, ditambah fasilitas hiburan berupa ruang karoke privat. 

Sayangnya hingga saat ini belum ditemukan perusahaan – perusahaan atas nama Andika Perkasa. Kendati demikian, dalam LHKPN yang sama, terungkap pula kekayaan fantastis Andika yang mencapai Rp184,53 miliar per 31 Desember 2022. Bak juragan tanah, Andika melaporkan kepemilikan terhadap 23 bidang tanah dan bangunan yang kebanyakan berstatus hibah tanpa akta.

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud MD itu ternyata juga memiliki beberapa rumah di luar negeri yakni satu di Australia dan tiga di Amerika Serikat. Rata – rata masing – masing nilainya mencapai Rp5 miliar.

Namun, dalam sebuah wawancaranya bersama Andy F Noya, Andika mengaku menerima banyak hibah dari mertuanya. Bila dilihat di LHKPN-nya, memang sebagian besar aset tanah dan bangunan Andika berstatus hibah tanpa akta yang diduga merupakan warisan dari AM Hendropriyono. “Yang jelas sebagian besar dari istri saya, karena saya bukan dari keluarga berada sekali,” ungkap Andika, dikutip pada Senin (4/12/2023).

Status harta hibah itu pun banyak berasal dari sang mertua. “Banyak hibah, yang memberikan mertua saya. Jadi sejak saya nikah, mertua memberikan rumah, tanah. Ya itu bukan pilihan saya untuk tidak mau. Demikian pula saat saya belajar di luar negeri juga diberikan. Gimana menjawabnya ya? Ya semua itu diberikan mertua saya,” sambungnya. 

Meski sama – sama berasal dari kalangan militer, AM Hendropriyono juga diketahui banyak bergelut di bidang bisnis. Dia tercatat pernah duduk sebagai Presiden Komisaris PT KIA Mobil Indonesia. Kini Hendropriyono menjabat sebagai Presdir PT Mahagaya dan beberapa perusahaan lain. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #hanya #rumah #senayan #andika #perkasa #punya #aset #properti #mentereng #lintas #negara

KOMENTAR