Gegara Prilly Latuconsina, ESDM Bakal Ubah Aturan Pembelian 3 Kg
Ilustrasi tumpukan gas LPG 3 kg. [Ist]
09:40
17 April 2024

Gegara Prilly Latuconsina, ESDM Bakal Ubah Aturan Pembelian 3 Kg

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana revisi aturan pembelian gas LPG 3 Kg, imbas viralnya artis Prilly Latuconsina yang keciduk gunakan gas melon itu. Sebagai diketahui, LPG 3 kg diperuntukkan untuk masyarakat miskin dan disubsidi oleh pemerintah.

Aturan yang diubah yaitu, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penempatan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) ESDM Tutuka Ariadji, upaya revisi ini agar tak ada lagi masyarakat mampu membeli gas LPG 3 kg.

"Nanti akan ada detil berapa yang boleh membeli. Nah, di luar itu tidak bisa membeli," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, yang dikutip Rabu (17/4/2024).

Prilly Latuconsina terciduk memasak pakai gas elipiji 3 kg (Instagram/@prillylatuconsina96)Prilly Latuconsina terciduk memasak pakai gas elipiji 3 kg (Instagram/@prillylatuconsina96)

Sebenarnya, bilang Tutuka, pemerintah telah menjalankan aturan, di mana masyarakat perlu sertakan KTP dan KK dalam membeli LPG 3 kg.

Dia mencatat, telah ada 161 Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masuk dalam pihak boleh membeli LPG 3 kg.

Sementara, Tutuka mengakui, pemerintah tak bisa memberikan sanksi kepada Prilly yang keciduk menggunakan LPG 3 Kg oleh netizen.

"Tangan aparat untuk menjatuhkan sanksi itu kan ya katakanlah minim atau tidak ada, nanti kita minta bantuan aparat lain, yang bisa dilakukan preventif, tidak bisa membeli," imbuh dia.

Atas kejadian ini, Tutuka meminta agar, masyarakat kaya dan mampu secara finansial sadar diri untuk tak gunakan LPG 3 kg.

"Itu adalah hak orang yang kurang mampu. Jadi, ya merasalah bahwa ini bukan saya, bukan hak saya beli. Kan nggak boleh, bukan haknya. Ini hak orang lain," pinta dia.

Sebelumnya, Artis cantik Prilly Latuconsina mendadak membuat heboh warganet. Wanita berusia 27 tahun itu awalnya mengunggah foto memasak ayam kari untuk persiapan lebaran.

Prilly pun dalam foto itu terlihat mengenakan kacamata dan pakaian piyama. Sementara, di tangannya tampak artis cantik tersebut memegang sendok masak dan wajan berukuran besar.

"Ini kak prilly emang make gas 3 KG? Kalau iya emang boleh ya Orang Sekaya @prillylatuconsina15 menggunakan gas elpiji 3 KG?," demikian tertulis keterangan dalam unggahan foto itu dilansir dari Terkini.id--jaringan Suara.com.

Namun, yang menuai sorotan warganet adalah sebuah tabung gas elpiji 3 kilogram berwarna hijau yang terlihat berada di belakang tembok dapur rumah Prilly.

Padahal, sosok kelahiran Tangerang itu terkenal sebagai artis dengan kekayaan melimpah.

Bahkan Prilly sudah mampu membangun rumah mewah senilai Rp 20 miliar. Belum lagi bisnis yang dirintisnya menjadi salah satu sumber kekakayaannya.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #gegara #prilly #latuconsina #esdm #bakal #ubah #aturan #pembelian

KOMENTAR