Banyak Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jawa Bisa Jadi Alternatif Mudik
Media Gathering Kesiapan Infrastruktur Mendukung Mudik Lebaran Kementerian PUPR/Achmad Fauzi
20:48
2 April 2024

Banyak Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jawa Bisa Jadi Alternatif Mudik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun jalan dan jembatan di jalur pantai selatan (Pansela) Jawa. Pasalnya, jalur tersebut bisa menjadi alternatif mudik lebaran jika di jalan tol padat.

Kasubdit 1 C Direktorat Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga, Agung Prabowo mengatakan, kekinian jalur pansela yang telah terbangun dan terbentang dari wilayah Banten sampai Banyuwangi.

"Jalur pansela ini dari Banten sampai Banyuwangi sudah terbangun 2.312 km yang membentang dari Banten, Jawa barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur," ujarnya dalam media gathering di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Menurut Agung, para pemudik yang berasal dari Banten atau Jakarta bisa cuci mata, jika melalui jalur pansela ini.

Karena, sepanjang jalur pansela memiliki panorama alam yang indah, sehingga perjalanan mudik tidak terlalu penat.

"Sekali lagi jalur pansela bisa jadi alternatif mudik sangat asik dan menarik dengan panorama alam cukup indah," ucap dia.

Selain itu, bilang Agung, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi para pemudik, di kala tengah beristirahat dalam perjalanan.

Begitu juga terdapat tempat-tempat kuliner khas wilayah yang dilalui, jika mudik lewat jalur pansela.

"Kemudian sepanjang jalur pansela tempat wisata dan kuliner yang mungkin bisa menjadi menarik untuk dikunjungi," kata dia.

Agung pun mengingatkan para pemudik bisa melalui jalur pansela untuk berangkat mudik, agar bisa tehindar dari kemacetan di jalan tol.

"Pansela ini bisa jadi jalan alternatif misalnya dari Banten-Jakarta yang menuju Yogyakarta atau jawa timur Pacitan ini pansela salah satu alternatif," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #banyak #pemandangan #indah #jalur #pansela #jawa #bisa #jadi #alternatif #mudik

KOMENTAR