Bank Mega Syariah Genjot Layanan Bank Segmen Ritel
Ilustrasi ekonomi Indonesia (dok.jawa pos)
18:36
30 Maret 2024

Bank Mega Syariah Genjot Layanan Bank Segmen Ritel

–Segmen ritel memiliki potensi pasar yang besar. Seiring perkembangan tren gaya hidup masyarakat, khususnya halal lifestyle.

Bank Mega Syariah bakal fokus menggarap pengembangan bisnis sektor tersebut. Direktur Utama Bank Mega Syariah Yuwono Waluyo mengatakan, bakal mendorong layanan perbankan syariah berbasis ritel. Dengan memperkuat jaringan atau cabang-cabang sehingga dapat menunjang kinerja dana pihak ketiga (DPK), pembiayaan consumer, maupun business banking.

”Dengan target pasar yang mencakup islamic ecosystem dan ekosistem CT Corp (holding), kami yakin mampu menggarap segmen ritel dengan optimal,” ungkap Yuwono Waluyo.

Untuk menggenjot DPK, Bank Mega Syariah fokus pada tabungan haji. Menunjang kebutuhan perbankan masyarakat dalam melakukan perencanaan haji dengan setoran awal yang ringan. Pada 2023, total nasabah tabungan haji meningkat 103 persen year-on-year (YoY).

”Sementara tabungan haji hingga akhir tahun ditargetkan tumbuh sebesar 64 persen secara tahunan,” ujar Yuwono.

Dari sisi penyaluran pembiayaan, bank syariah anak usaha CT Corp itu juga terus menggarap pembiayaan di segmen consumer dan business banking. Pertumbuhan pembiayaan consumer pada kuartal I 2024 tumbuh lebih dari 16 persen YoY. Hingga akhir 2024, pembiayaan consumer dapat tumbuh lebih dari 30 persen YoY.

”Untuk pembiayaan segmen business banking mencakup usaha kecil menengah (UKM) maupun korporasi dengan pengajuan hingga Rp 50 miliar. Tentu dengan tetap memperhatikan kualitas bisnis usaha calon nasabah,” papar Yuwono Waluyo.

Menurut Yuwono, sektor bisnis yang saat ini banyak diajukan nasabah di segmen business banking. Di antaranya yaitu sektor pendidikan, kesehatan, diikuti dengan sektor perdagangan, konstruksi, dan jasa lainnya.

”Adapun pertumbuhan volume pembiayaan business banking dari 2022 ke 2023 adalah lebih dari 13 persen. Untuk meningkatkan volume pembiayaan, kami memaksimalkan kekuatan cabang dengan melihat potensi unggulan sektor bisnis di setiap wilayah,” terang Yuwono.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #bank #mega #syariah #genjot #layanan #bank #segmen #ritel

KOMENTAR