Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Mangkrak, Kenapa?
Warga berfoto di depan kereta cepat setibanya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc]
11:04
28 Maret 2024

Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Mangkrak, Kenapa?

Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau dikenal Whoosh telah beroperasi sejak tahun lalu. Meski memiliki empat stasiun, tetapi hanya tiga stasiun yang beroperasi.

Stasiun Whoosh yang masih belum dioperasikan yaitu Stasiun Karawang.

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai harus ada kemauan politik agar Stasiun Karawang segera operasi.

"Jadi political will itu dari Kementerian Perhubungan dan KCIC. Jadi Kementerian Perhubungan dan KCIC harus berkoordinasi untuk mendorong agar stasiun itu segera digunakan," ujarnya yang dikutip, Kamis (28/3/2024).

Trubus menjelaskan, jika stasiun tak segera operasi akan mempengaruhi persepsi masyarakat. Dia melanjutkan, masyarakat akan bertanya-tanya kenapa stasiun tak kunjung digunakan.

Apalagi saat sebentar lagi akan memasuki musim mudik dan arus balik lebaran. Beroperasinya stasiun kereta cepat di Kawarang ini harusnya bisa dioptimalkan untuk membantuk kelancaran arus mudik dari Karawang menuju Bandung dan Jakarta atau sebaliknya.

"Kemudian juga menyulitkan bagi masyarakat untuk memanfaatkan kereta cepat. Padahal kereta cepat kalau saya menyimak kemauan presiden itu segera dinikmati masyarakat secara luas," imbuh dia.

Selain itu, akan berisiko menjadi beban biaya. Sebab, stasiun yang rampung membutuhkan perawatan.

"Kedua terus perawatan, biaya perawatan juga mahal. Jangan sampai kemudian, material-materia yang ada di situ rusak, dan itu kan butuh biaya besar juga. Begitu dioperasikan berarti kan ada pemasukan," kata dia.

Sementara, Manajer Corporate Communication KCIC Emir Monti menambahkan, manajemen hingga kini masih terus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan akses di Stasiun Karawang.

"Terkait Stasiun Karawang, saat ini kami terus berkordinasi dengan seluruh stakeholder, guna meningkatkan aksesibilitas menuju Stasiun Karawang baik jalan raya maupun akses tolnya. Terkait update operasional Stasiun Karawang akan kami sampaikan secara berkala," jelas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #stasiun #kereta #cepat #whoosh #karawang #mangkrak #kenapa

KOMENTAR