Rapat Perdana di DPR, AHY Langsung Curhat Anggaran Kena 'Sunat' Sri Mulyani
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi Fraksi Demokrat di DPR RI, Jakarta, Senin (25/3/2024). [Suara.com/Bagaskara]
17:04
25 Maret 2024

Rapat Perdana di DPR, AHY Langsung Curhat Anggaran Kena 'Sunat' Sri Mulyani

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan rapat perdana dengan Komisi II DPR pada Senin (25/3/2024) usai dirinya dilantik menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Dalam rapat perdananya ini, AHY sedikit curhat soal anggaran Kementerian ATR/BPN yang kena 'sunat' Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelang akhir tahun lalu.

Kebijakan automatic adjustment alias pemblokiran anggaran setiap Kementerian/Lembaga sebesar 5% oleh Sri Mulyani sempat ramai diperbincangkan karena dilakukan secara mendadak.

AHY sendiri mengaku kementeriannya kena automatic adjusment sebesar Rp404,31 miliar.

"Automatic adjustment Kementerian ATR/BPN sebesar Rp 404,31 miliar dengan sumber dana rupiah murni," kata AHY.

AHY menjelaskan, ketentuan ini berdasarkan pada Surat Edaran Menteri Keuangan nomor S-/1082/MK.02/2023 yang diedarkan pada 29 Desember 2023.

Sementara secara keseluruhan, total pagu anggaran Kementerian ATR/BPN untuk Tahun Anggaran 2024 mencapai sekitar Rp7,58 triliun.

Secara rinci pagu anggaran untuk program dukungan manajemen sebesar Rp4,62 triliun. Program pengelolaan dana pelayanan pertanahan sebesar Rp2,86 triliun. Kemudian untuk program penyelenggaraan penataan ruang sebesar Rp109 miliar.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #rapat #perdana #langsung #curhat #anggaran #kena #sunat #mulyani

KOMENTAR