Mendag Zulhas Sebut RI Butuh Pusat Data Buat Kembangkan Industri E-Commerce
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) melakukan panen raya perkebunan mangga dan melepas ekspor perdana mangga Indramayu mendunia.
11:41
22 Maret 2024

Mendag Zulhas Sebut RI Butuh Pusat Data Buat Kembangkan Industri E-Commerce

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) tengah menggenjot perkembangan industri e-commerce di dalam negeri. Maka dari itu, dia menyebut perlu adanya infrastruktur yang mendukung perkembangan industri e-commerce, seperti pusat data center.

Menurut dia, RI membutuhkan pusat data center agara meningkatkan kapasitas dan kualitas terhadap layanan digital.

Kekinian, dirinya menilai Pusat Data E1 milik PT DCI Indonesia Tbk bisa mengakomodir hal tersebut.

"Pusat data seperti E1 sangat penting untuk mendukung pertumbuhan industri e-commerce dan ekonomi digital di Indonesia," ujar Mendag Zulhas di Jakarta yang dikutip, Jumat (22/3/2024).

Sebagai Informasi, E1 merupakan pusat data Tier IV dengan kapasitas 18 Megawatt IT load. Sebagai pemimpin industri yang sudah terbukti selama 1 dekade terakhir dengan track record 100% power uptime, DCI menekankan bahwa di belakang fasilitas tier IV, ada operational excellence berbasis automation dan AI yang telah DCI bangun dan terapkan.

Inilah kompetensi yang memberikan nilai yang terbesar terhadap pengguna.

DCI Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan kompetensi pusat data Indonesia dengan menyediakan infrastruktur, operasional dan layanan yang berkualitas tinggi dan terpercaya.

"E1 akan membantu meningkatkan daya saing bisnis Indonesia di ranah regional dengan menyediakan infrastruktur dan operasional pusat data yang andal," ucap Mendag Zulhas.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi memastikan, pemerintah juga akan menudukung pertumbuhan ekosistem pusat data di Indonesia.

"Saya mengharapkan agar seluruh pusat data di Indonesia minimal memenuhi standar tier IV untuk menjawab kebutuhan ekonomi digital tanah air," kata dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #mendag #zulhas #sebut #butuh #pusat #data #buat #kembangkan #industri #commerce

KOMENTAR