Polres Malang Gerebek Gudang, Ada Praktik Kemas Ulang Beras Bulog yang Jadi Beras Premium
ILUSTRASI: Gudang beras Perum Bulog. (Cecep Mulyana/Batam Pos)
16:00
18 Maret 2024

Polres Malang Gerebek Gudang, Ada Praktik Kemas Ulang Beras Bulog yang Jadi Beras Premium

– Di gudang beras di sebuah desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu mereka mengemas ulang beras dari Bulog yang seharusnya berstatus medium menjadi premium. Caranya, memalsukan merek, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal.

Satreskrim Polres Malang menggerebek gudang di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, tersebut pada Sabtu (16/3) malam. Ditangkap pula tiga orang. ”Kecurigaan bermula ketika ada aktivitas malam hari di gudang tersebut,” kata Kasatreskrim Polres Malang AKP Gandha Syah Hidayat sebagaimana yang dilansir Jawa Pos Radar Malang kemarin (17/3).

Ketiga orang yang diamankan adalah EH sebagai pemilik serta IF dan EP yang menjadi pekerja. Sampai kemarin, mereka menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polres Malang.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, sekitar 1 ton beras hasil repacking kemasan 5 kg dan 25 kg. Beras Bulog kemasan 50 kg sebanyak sekitar 1,2 ton. Ada juga 320 karung bekas beras Bulog, 1 alat pres listrik, 1 alat timbang digital, dan 1 alat jahit karung.

Penyelidikan penyalahgunaan beras Bulog ini masih terus dilakukan. Ke mana dan berapa harga jual beras pun belum diketahui. Polisi berjanji merilis penanganan kasus tersebut. Saat ini gudang beras itu disegel.

Mengutip Antara, beras Bulog atau beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dijual Rp 10.900 per kilogram atau Rp 54.500 per 5 kilogram. Dalam sejumlah operasi pasar atau pasar mudah, beras Bulog dijual Rp 50 ribu per 5 kilogram. (iza/c14/ttg)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #polres #malang #gerebek #gudang #praktik #kemas #ulang #beras #bulog #yang #jadi #beras #premium

KOMENTAR