Dikunjungi Dirut Bank Mandiri, Ceria Optimistis Smelter Merah Putih Rampung 2024
Tim Bank Mandiri berfoto bersama tim Ceria di site Smelter Kolaka. (PT CNI untuk JawaPos.com)
13:18
14 Maret 2024

Dikunjungi Dirut Bank Mandiri, Ceria Optimistis Smelter Merah Putih Rampung 2024

- Smelter nikel Merah Putih milik PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) ditargetkan selesai pada 2024 ini. Untuk memastikan pembangunan berjalan lancar, Bank Mandiri yang memberikan pembiayaan proyek smelter bersama sindikasi perbankan mengecek ke site di Kecamatan Wolo, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Jumat (8/3).

Hadir dalam kunjungan tersebut Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri Zainudin Amali dan jajarannya. Sementara dari Ceria, ada CEO Ceria Group Derian Sakmiwata, Presiden Direktur Abdul Haris Tatang beserta jajaran manajemen dan pimpinan Ceria lainnya.

Kehadiran dan keterlibatan Bank Mandiri dalam proyek smelter Merah Putih Ceria itu sesuai dengan amanah Undang-Undang Mineral dan Batubara (Minerba). Pemerintah mendorong percepatan hilirisasi industri nikel di Indonesia agar menghasilkan nilai tambah, salah satunya melalui pembangunan smelter.

“Bank Mandiri memiliki kepentingan karena kami ingin proyek smelter ini selesai, yang tentunya akan menjadi milestone penting untuk Indonesia. Alhamdulillah progresnya berjalan dengan baik serta sesuai dengan rencana & target yang telah ditetapkan,” ujar Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Darmawan menambahkan, pihaknya bangga dapat mendukung pembiayaan pembangunan Smelter RKEF Line 1 milik Ceria yang menjadi kebanggaan dan simbol indusri nikel milik anak bangsa. “Ini merupakan inisiatif anak bangsa yang sudah sewajarnya harus didukung. Bank Mandiri juga ingin menunjukan bahwa kita sebagai perbankan nasional memiliki kemampuan untuk mendukung proyek-proyek investor domestik.

Sementara itu, CEO Ceria Group Derian Sakmiwata mengatakan, kehadiran Bank Mandiri ke site Ceria semakin menguatkan optimisme Ceria dalam menggenjot pembangunan Smelter untuk dapat selesai sesuai target perusahaan. “Kami ucapkan terima kasih kepada delegasi Bank Mandiri atas waktu yang telah diluangkan untuk datang dan berkunjung ke tempat kami. Alhamdulillah atas bantuan dan dukungan dari Bank Mandiri, InshaAllah dalam waktu dekat akan berdiri pabrik pengolahan nikel milik anak bangsa,” imbuhnya.

Derian juga menambahkan bahwa perjalanan Ceria untuk sampai pada tahap ini bukanlah hal yang mudah. Dia menjelaskan bahwa perjalanan Ceria untuk berperan dalam kemajuan industri nikel di Indonesia tidak hanya berhenti sampai pada titik ini. “Ceria bertujuan untuk menempatkan dirinya di garis depan rantai pasok global dan industri EV yang berkontribusi pada pengembangan ekosistem baterai serta berpotensi mendorong dunia yang lebih berkelanjutan,” ungkapnya

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #dikunjungi #dirut #bank #mandiri #ceria #optimistis #smelter #merah #putih #rampung #2024

KOMENTAR