Harga Bitcoin Diprediksi Kembali Menguat, Bakal Sentul Level 73.620 Dolar AS per Koin
Bitcoin menguat di harga 72,041.30 dolar AS koin (+4,83 persen) dengan volume transaksi sebesar 64,71 miliar dolar AS dengan kapitalisasi pasar 1,41 triliun dolar AS. 
15:56
12 Maret 2024

Harga Bitcoin Diprediksi Kembali Menguat, Bakal Sentul Level 73.620 Dolar AS per Koin

Pengamat Kripto Ibrahim Assuaibi menyampaikan Bitcoin masih melanjutkan reli pada perdagangan siang ini Selasa (12/3/2024).

Bitcoin menguat di harga 72,041.30 dolar AS koin (+4,83 persen) dengan volume transaksi sebesar 64,71 miliar dolar AS dengan kapitalisasi pasar 1,41 triliun dolar AS.

“Sedangkan untuk perdagangan besok, Bitcoin kemungkinan dibuka fluktuatif namun akan menguat di kisaran 70,576.30 dolar AS - 73.620,50 dolar AS per koin,” kata Ibrahim, Selasa (12/3/2024).

Ibhraim mengatakan sentimen eksternal yang membuat Bitcoin diperdagangkan tepat di bawah rekor tertinggi faktor dukungan berkelanjutan dari arus masuk yang stabil ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa spot yang disetujui awal tahun ini.

Mata uang kripto terbesar di dunia ini diperdagangkan naik 5,7 persen pada 72,401.30 dolar AS pada pukul 14.00 WIB tetap mendekati rekor tertinggi 72,771 dolar AS.

“Lonjakan nilai Bitcoin baru-baru ini menggarisbawahi kekuatan dan ketahanan luar biasa dari mata uang kripto terkemuka ini. Pencapaian ini tidak hanya menandai tonggak sejarah yang signifikan tetapi juga mencerminkan kepercayaan dan permintaan yang berkelanjutan di pasar,” kata Ibrahim dalam sebuah catatan penelitiannya.

Rekor tertinggi terbaru Bitcoin terjadi sebagai perpanjangan dari reli yang dipicu oleh persetujuan ETF spot pada bulan Januari, yang mengundang sejumlah besar modal institusional ke dalam token.

Token ini juga didukung oleh MicroStrategy Incorporated, perusahaan pemegang Bitcoin terbesar, yang membeli 12,000 token pada hari Senin menggunakan utang.

”Permintaan Bitcoin telah didorong oleh persetujuan dana baru yang diperdagangkan di bursa yang melacak harganya pada awal tahun ini, serta ekspektasi bahwa The Fed akan segera mulai menjauh dari kebijakan yang membatasi. Pasar juga telah didukung oleh peristiwa “separuh” yang akan datang yang akan membendung sebagian aliran pencetakan Bitcoin, “ lanjutnya.

ETF Bitcoin menghasilkan arus masuk mingguan sebesar 2,7 miliar dolar AS.

Sebuah laporan dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan pada hari Senin bahwa produk investasi yang melacak Bitcoin melihat arus masuk modal sekitar 2.7 miliar dolar AS dalam minggu hingga 10 Maret.

Bitcoin tetap menjadi satu-satunya pendorong arus masuk modal ke pasar kripto, dengan token utama lainnya, seperti Ethereum dan Solana, mengalami arus masuk atau arus keluar yang minimal.

Persetujuan ETF Bitcoin pada awal tahun 2024 memicu aliran modal institusional yang besar ke dalam mata uang kripto terbesar di dunia, mengingat bahwa mereka mengizinkan paparan terhadap token tanpa harus berinvestasi langsung dalam kripto.

Tetapi bahkan ketika harga Bitcoin melampaui harga tertinggi pada tahun 2021, volume perdagangan token, terutama di bidang ritel, masih berada pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan yang terlihat pada tahun 2021;

Tren ini menimbulkan pertanyaan tentang seberapa berkelanjutan reli Bitcoin baru-baru ini, sekaligus menimbulkan tuduhan manipulasi pasar oleh bursa dan operator stablecoin.

“Minat ritel sebagian besar telah berkurang terhadap kripto selama dua tahun terakhir, menyusul penurunan tajam harga yang ditandai dengan kenaikan suku bunga dan serangkaian penipuan dan kebangkrutan tingkat tinggi,” tukasnya.

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #harga #bitcoin #diprediksi #kembali #menguat #bakal #sentul #level #73620 #dolar #koin

KOMENTAR