Swedia Tidak Lagi Netral, Kini Resmi Gabung NATO
Bendera Swedia (Unsplash.com/LordRunar)
17:04
8 Maret 2024

Swedia Tidak Lagi Netral, Kini Resmi Gabung NATO

Swedia secara resmi bergabung sebagai anggota ke-32 Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) setelah Amerika Serikat menerima permintaan keanggotaannya pada hari Kamis.

Permintaan keanggotaan tersebut akhirnya disetujui setelah Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan aliansi militer tersebut selama dua tahun, terutama setelah pecahnya perang Rusia di Ukraina pada Februari 2022.

"Hal baik datang kepada mereka yang sabar," kata Menlu AS Antony Blinken di Kementerian Luar Negeri setelah menerima permintaan keanggotaan. Dia bergabung dengan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson dan Menlu Swedia Tobias Billstrom.

"Ini adalah momen bersejarah bagi Swedia. Ini sejarah bagi aliansi kami. Ini sejarah bagi hubungan trans-atlantik. Aliansi NATO kami, atau aliansi pertahanan saat ini lebih kuat dan besar dari sebelumnya," kata Blinken, seperti yang dikutip dari Anadolu via Antara.

Kristersson mengatakan Swedia meninggalkan 200 tahun netralitas dan ketidakberpihakan militer dan menyebut kenaikan kekuasaan negaranya sebagai “langkah besar namun pada saat yang sama merupakan langkah yang sangat alami.”

"Dalam sejarah keamanan kawasan kami, belum pernah terasa se-serius ini sejak Perang Dunia Kedua," ucapnya. "Rusia tetap menjadi ancaman yang signifikan bagi keamanan Eropa Atlantik dalam jangka waktu yang akan datang."

"Maka dari itu, Swedia mengajukan permohonan untuk menjadi anggota NATO," tambahnya.

Pada bulan Mei 2022, Swedia dan Finlandia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO, meninggalkan kebijakan netralitas mereka yang sudah lama, keputusan ini dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Finlandia, yang berbatasan langsung dengan Rusia sepanjang 1.340 kilometer, menjadi anggota NATO yang ke-31 pada 4 April 2023.

Swedia menyelesaikan proses keanggotaannya setelah Hongaria menjadi anggota NATO terakhir yang meratifikasi keanggotaan mereka pekan lalu, dan instrumen ratifikasi dikirimkan ke Washington pada hari Kamis. Turki telah menyetujui tawaran Swedia untuk menjadi anggota NATO pada Januari.

Selanjutnya, bendera Swedia akan dikibarkan bersama dengan 31 anggota lainnya dalam sebuah upacara pada hari Senin di kantor pusat NATO di Brussels untuk menandai bergabungnya Swedia.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #swedia #tidak #lagi #netral #kini #resmi #gabung #nato

KOMENTAR