Inflasi Bahan Pokok di Kota Kediri Semakin Tinggi, Pihak Pemda Jelaskan Solusinya
Harga bahan pokok di pasar naik drastis usai pergantian tahun. (Radar Mojokerto)
12:09
4 Maret 2024

Inflasi Bahan Pokok di Kota Kediri Semakin Tinggi, Pihak Pemda Jelaskan Solusinya

- Inflasi Kota Kediri di Februari mengalami kenaikan tajam. Menjadi yang tertinggi selama tiga bulan terakhir. Angkanya sebesar 0,54 persen.

Padahal, Januari lalu inflasinya minus 0,06 persen. Pemicunya adalah harga beras. Komoditas ini terus menerus naik dan harganya fantastis. Menjadi penyumbang nilai inflasi sebesar 8,83 persen. Sementara kontribusnya mencapai 0,40 persen.

"Kita berharap komoditas-komoditas tertentu yang menjadi penyumbang inflasi di bulan Februari, di Maret ini bisa dikendalikan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah." jelas Kepala Badan Pusat Statistik Kota Kediri, Parjan dilansir dari Radar Kediri pada Senin (4/3).

Ia menekankan bahwa pada bulan ini akan ada Ramadan. Pada momen keagamaan ini, biasanya permintaan masyarakat akan meningkat. Setelah itu akan berlanjut dengan momen lebaran.

Terpisah Kepala Bagian Perekonomian Kota Kediri Tetuko Erwin Sukarno menjelaskan bahwa beras memang memiliki andil terbesar dalam inflasi bulan lalu. Menurutnya fakta ini terjadi di seluruh Indonesia. Tidak hanya di Kediri.

Kendati demikian pihaknya telah berupaya meredam kenaikan harga beras dengan menggelar operasi pasar. Serta mempercepat bantuan pangan.

"Februari lalu sudah kami salurkan bantuan pangan beras 10 kg mulai dari tanggal 20 sampai 28 Februari," jelasnya.

Selanjutnya pemkot juga telah berkoordinasi dengan Bulog terkait dengan stok beras. Erwin mengatakan bahwa stok beras aman hingga tiga bulan ke depan. Di sisi lain pihaknya akan melanjutkan kegiatan pasar murah selama Ramadan nanti.

"Rencananya akan dilakukan pada minggu ketiga dan keempat di 27 kelurahan," ujarnya.

Meski begitu, Erwin belum mengetahui apakah operasi pangan murah itu akan menyediakan beras saja atau juga dengan komoditas lainnya. Dia mengaku masih melakukan koordinasi dengan distributor.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #inflasi #bahan #pokok #kota #kediri #semakin #tinggi #pihak #pemda #jelaskan #solusinya

KOMENTAR