Sudah Mulai Panen, Harga Beras di Bali Bulan Maret Ini Dipastikan Berangsur Turun
Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra (kiri) mengumumkan harga beras di Bali mulai turun sejak Maret 2024 ini. (ni kadek novi febriani/radarbali.id)
11:27
4 Maret 2024

Sudah Mulai Panen, Harga Beras di Bali Bulan Maret Ini Dipastikan Berangsur Turun

- Kabar gembira, harga beras di Bali dikabarkan sudah mulai mengalami penurunan.   Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengakui terkait adanya masuk beras impor disebabkan masalah suplai beras yang terus menurun karena masa panen yang lambat.   Hal tersebut menyebabkan harga beras, baik yang medium maupun premium meroket. Dewa Made Indra sendiri memastikan bahwa harga beras di Bali mengalami penurunan. Menurut dia, penurunan sudah terjadi beberapa hari ini.  

  "Dalam seminggu terakhir sudah mulai menurun. Sekarang sudah mulai turun, beras medium sudah mulai turun, premium turun dan beras super turun sedikit," kata Dewa Indra.   "Kenapa mulai turun? Karena sudah mulai panen," sambungnya seperti dikutip dari Radar Bali (Jawa Pos Group) pada Senin (4/3).   Selain impor, Dewa Indra mengatakan bahwa Bali akan mulai panen di bulan Maret hingga April ini. Dirinya menghitung yang tercatat akan panen pada Maret, di lahan 15 ribu hektar.  

  Lebih lanjut, Dewa Indra merincikan, jika 7 ton per hektar tersebut dikalikan 15 ribu, perkiraan panen 105.000 ton.   "Itu baru bulan Maret setelah itu akan panen terus di berapa kabupaten di Tabanan dan Buleleng sudah mulai panen, kalau tidak percaya datang saja ke sawah-sawah," celetuknya.   Dia mengklaim penurunan harga beras tersebut saat ini sudah terjadi rata-rata turun Rp 1 ribu. Bahkan dirinya meyakini bahwa harga beras akan bergerak menurun.  

  Sementara itu, saat disinggung terkait beras impor dari Thailand, dia tidak menampik adanya beras impor karena kebijakan pemerintah pusat menutupi suplai beras dan itu yang mengerjakan Bulog.   "Kalau sudah mulai panen, kami sudah komitem dengan Bulog mengutamakan padi, gabah, beras produk lokal. Kenapa kemarin datang impor karena suplai kami turun stok kami turun. Kenapa turun karena panennya lambat," tegasnya.   Pejabat asal Buleleng ini menegaskan bahwa harga beras turun karena Maret hingga April ini sudah mulai panen.  

  "Pasti saya pastikan harga beras akan turun," tandasnya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #sudah #mulai #panen #harga #beras #bali #bulan #maret #dipastikan #berangsur #turun

KOMENTAR