Survei Indodax: Mayoritas orang Indonesia Pilih Kripto Sebagai Aset Investasi
Ilustrasi kripto (unsplash)
13:39
23 Februari 2024

Survei Indodax: Mayoritas orang Indonesia Pilih Kripto Sebagai Aset Investasi

Survei yang dilakukan platform jual beli kripto, Indodax menyebutkan, alasan investasi menjadi faktor utama masyarakat Indonesia dalam memasuki pasar kripto.

Dalam sirvei tersebut, 63,45 persen responden mengakui bahwa alasan utama mereka terjun ke dunia kripto adalah untuk berinvestasi dalam jangka panjang, sementara 37,76 persen lainnya berinvestasi dengan tujuan jangka pendek.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan, sekitar 12,2 persen responden menganggap penambahan dan pengayaan aset sebagai alasan utama mereka terlibat dalam investasi kripto.

"12,2 persen partisipan mengaku jika menambah dan memperkaya aset dalam berinvestasi juga menjadi alasan utama untuk terjun ke dunia kripto,” kata CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangan resminya, dikutip pada Jumat (23/2/2024).

Selain faktor investasi, promosi juga menjadi dorongan bagi masyarakat untuk terlibat dalam dunia kripto, dengan 5,8 persen responden mengakui bahwa penawaran promosi yang menarik mempengaruhi keputusan mereka.

Survei tersebut dilakukan selama dua minggu pada awal tahun 2024 dan melibatkan ribuan responden dengan rentang usia antara 17 hingga 68 tahun.

Oscar menekankan bahwa survei Indodax tidak hanya bertujuan untuk memahami alasan masyarakat memasuki pasar kripto, tetapi juga untuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap platform kripto yang mereka percayai.

Hasil survei menunjukkan bahwa 59 persen responden menekankan pentingnya memilih aplikasi kripto yang aman dan terpercaya, seperti Indodax, yang telah memiliki lisensi resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Selain itu, sekitar 28,5 persen responden lebih memilih aplikasi yang menggunakan bahasa Indonesia. Indodax, sebagai salah satu platform kripto lokal, telah menyesuaikan diri dengan pasar Indonesia dengan menyediakan pilihan bahasa Indonesia.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi juga menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih platform kripto. Sebanyak 23,2 persen responden menyoroti pentingnya kelengkapan fitur dalam aplikasi.

Indodax sendiri menyediakan berbagai fitur menarik seperti Spot Market, Indodax Earn, dan fitur dollar cost averaging (DCA) untuk memudahkan investor dalam berinvestasi.

Sebelum memilih aplikasi kripto, sekitar 29,1 persen responden biasanya menanyakan ulasan kepada teman atau kerabat terdekat secara langsung. Sementara itu, sekitar 27,5 persen responden lebih memilih mencari ulasan melalui media sosial.

Dari hasil survei, sekitar 47,6 persen responden memilih media sosial TikTok sebagai sumber informasi utama terkait investasi kripto. Sedangkan, 25,2 persen lebih memilih Instagram, 12,7 persen memilih Facebook, dan 9,3 persen memilih YouTube.

Meski demikian, wajib diketahui bahwa aset kripto adalah salah satu aset yang cukup berisiko. Pastikan untuk memahami dan memelajari terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli aset kripto Anda.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #survei #indodax #mayoritas #orang #indonesia #pilih #kripto #sebagai #aset #investasi

KOMENTAR