Intip Gurita Bisnis Titiek Soeharto, Putri Cendana yang Tajir Melintir
Titiek Soeharto pamer salam dua jari usai mencoblos di TPS 002, Gondangdia, Jakarta Pusat. (Suara.com/Faqih)
16:04
21 Februari 2024

Intip Gurita Bisnis Titiek Soeharto, Putri Cendana yang Tajir Melintir

Nama Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto yang juga mantan istri Prabowo Subianto belakangan ramai diperbincangkan menyusul prediksi kemenangan Pasangan Calon Presiden – Wakil Presiden, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Prabowo – Gibran sebelumnya diketahui unggul lebih dari 50% dalam versi hitung cepat atau quick count. Hasil ini diprediksi tidak akan meleset jauh dengan hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Perusahaan dan saham yang dimiliki Titiek Soeharto pun tak luput dari perbincangan netizen. Pasalnya, Titiek juga sosok yang berpengaruh pada masanya. Terlebih dia merupakan putri dari Presiden RI Kedua Soeharto. 

Perusahaan dan Saham Milik Titiek Soeharto

Sebagai putri penguasa Orde Baru, Titiek Soeharto tentu bukan orang sembarangan. Keluarga Cendana dikenal sebagai konglomerat yang mendirikan perusahaan sekaligus menguasai sahamnya.

Titiek diketahui memegang kepemilikan saham PT Surya Citra Media tbk sebesar 25 persen. Saham yang dibeli Titiek itu setara dengan Rp 473.437.500 saham (dengan harga per saham Rp 1.225).

Selain itu Titiek mempunyai saham di beberapa perusahaan yang dimiliki oleh kakak sulungnya, yakni Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut.

Selain menguasai saham, Titiek Soeharto juga mendirikan sejumlah bisnis. Seperti menjadi rahasia umum, Keluarga Cendana tak bisa dilepaskan dari dunia bisnis. Pada 2015 lalu, Titiek diketahui menduduki jabatan sebagai komisaris utama PT. Abitama, salah satu perusahaan yang juga dikuasai oleh trah Soeharto. 

Selain itu Titiek juga mengembangkan berbagai bisnis seperti di sektor kehutanan, kimia, keuangan, investasi, listrik, sampai transportasi. Bisnis yang dikelola Titiek itu disebut-sebut punya nilai komoditas ekspor dan ada keterkaitan dengan bisnis di Uzbekistan, Portugal, Sudan, hingga Guinea Bissau. Dari hasil bisnisnya itu, Titiek memiliki aset yang cukup besar. Salah satunya rumah mewah yang berada di Jl. Cendana nomor 5, Menteng Jakarta Pusat. 

Kendati Titiek Soeharto sudah bercerai dengan Prabowo, dia tertangkap kamera tetap menghadiri deklarasi kemenangan Prabowo di Istora. Titiek juga memberikan ucapan selamat khusus kepada mantan suami yang dipanggilnya dengan Mas Bowo itu.

Ia dan Prabowo juga kedapatan berfoto bersama dengan putra semata wayang yang juga desainer Didit Hadiprasetyo yang terkenal sebagai seorang desainer. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #intip #gurita #bisnis #titiek #soeharto #putri #cendana #yang #tajir #melintir

KOMENTAR