Mulai Tahun Ini, BPKH Layani Katering dan Sewakan Lobi Hotel Jemaah Haji
Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Firmansyah Nazarudin (dari kanan) berbincang dengan Operation Manager 4J Company Saudi Arabia Yousof Jan, Director 4J Company Saudi Arabia Ahmed Jan, Mudir BPKH Limited Sidiq Haryono, Kepala BPKH Fadlul Imansyah dan Anggota Bidang Kerjasama dan Investasi Luar Negeri BPKH Arief Mufraini saat acara Penandatanganan dan Penyerahan Kontrak/PKS/LOI Antara BPKH Limited dengan Mitra Untuk Quick Win Project 2024 di Jakarta, Kamis (15/2
13:45
16 Februari 2024

Mulai Tahun Ini, BPKH Layani Katering dan Sewakan Lobi Hotel Jemaah Haji

- Mulai tahun ini, lobi hotel tempat jemaah haji menginap akan dikomersialkan. Bisa jadi, jemaah akan menemukan tenant-tenant makanan atau minuman khas Indonesia seperti ayam goreng, bakso, hingga kopi. Skema itu merupakan bagian dari langkah awal investasi langsung Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Arab Saudi.

Untuk menjalankan investasi langsung tersebut, BPKH mendirikan anak usaha bernama BPKH Limited. Kerja sama BPKH Limited dengan sejumlah mitra diteken di Jakarta kemarin (15/2). Kerja sama itu tidak hanya terkait dengan pengelolaan space lobi hotel jemaah Indonesia di Makkah, tetapi juga layanan katering.

Direktur BPKH Limited Sidiq Haryono mengatakan, untuk skema pengelolaan space lobi hotel, pihaknya akan berkomunikasi dengan UMKM serta brand kuliner lokal Indonesia. ”Kita akan membawa brand-brand kuliner lokal Indonesia yang sudah familier ke Makkah,” katanya.

Sidiq menegaskan, dari perputaran uang haji sekitar Rp 20 triliun tiap tahun, harus ada yang kembali ke Indonesia.

Sidiq menambahkan, BPKH Limited juga akan menyediakan katering untuk jemaah Indonesia. ”Kami nanti melayani dua hari sebelum masa Armuzna dan dua hari setelah masa Armuzna,” jelasnya.

Ketua Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah menyambut baik rencana investasi langsung itu. Dia mengakui ada tantangan besar yang harus diantisipasi, khususnya soal penyediaan katering. (wan/c7/fal)

---

PENEMPATAN DAN INVESTASI DANA HAJI BPKH

  • Penempatan pada bank : Rp 30,5 triliun
  • Investasi surat berharga : Rp 142,56 triliun
  • Investasi langsung : Rp 1,117 triliun
  • Investasi emas : Rp 243,6 juta

Keterangan: Data laporan keuangan semester I 2023 (unaudited)

Sumber: BPKH

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #mulai #tahun #bpkh #layani #katering #sewakan #lobi #hotel #jemaah #haji

KOMENTAR