Tularkan Semangat Bewirausaha, Kementan Anak Muda di Program Young Ambassador Agriculture 2024
jUMA OERS Pemilihan Young Ambassador Agriculture (YAA) Tahun 2024 dan YAA Lahan Rawa Tahun 2024. (Istimewa)
13:09
13 Pebruari 2024

Tularkan Semangat Bewirausaha, Kementan Anak Muda di Program Young Ambassador Agriculture 2024

Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan Program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) menyelenggarakan Pemilihan Young Ambassador Agriculture (YAA) Tahun 2024 dan YAA Lahan Rawa Tahun 2024, untuk memilih 50 duta petani muda.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, fokus Kementan adalah pemenuhan kebutuhan pangan dan mencapai kembali swasembada pangan yang pernah diraih pada 2017, 2019 dan 2020.

“Program ini dilakukan mengoptimalisasi pemanfaatan lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan,” tuturnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mendukung penuh upaya peningkatan produksi pangan melalui optimalisasi lahan rawa. Menurutnya, kegiatan YAA Lahan Rawa 2024 merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani atau pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia, untuk dapat menjadi duta Program YESS.

Dijelaskan, program YESS adalah program kerjasama antara Kementan dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).
“Partisipasi aktif sasaran program yaitu petani muda terus didorong dalam rangka mencapai target tersebut,” lanjutnya.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dan Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti menjelaskan secara detail tema dan mekanisme pemilihan.

Dijelaskannya, Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Program YESS dari BPPSDMP Kementerian Pertanian.

Kegiatan pemilihan YAA YESS rutin dilakukan sebagai upaya mengaungkan peran generasi muda, dalam pembangunan pertanian. Sekaligus upaya mempromosikan modernisasi dan peran generasi muda di sektor pertanian.

50 Young Ambassador Agriculture (YAA) akan terpilih setelah melalui beberapa tahapan seperti seleksi administrasi, seleksi potensi, bootcamp, dan tahap penjurian.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tularkan #semangat #bewirausaha #kementan #anak #muda #program #young #ambassador #agriculture #2024

KOMENTAR