Warehouse Operation Petrokimia Gresik Raih ''The Best Performer of The Year'' di Ajang Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024
Petrokimia Gresik meraih penghargaan nasional ''The Best Performer for Warehouse Operation of the Year'' pada ajang Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024. (Istimewa).
22:09
15 Oktober 2024

Warehouse Operation Petrokimia Gresik Raih ''The Best Performer of The Year'' di Ajang Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024

Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, mendapatkan pengakuan penting dari stakeholder dengan meraih penghargaan nasional "The Best Performer for Warehouse Operation of the Year".

Penghargaan prestisius dari ajang Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024 ini diterima oleh Senior Vice President (SVP) Pengelolaan Pergudangan dan Pelabuhan Petrokimia Gresik, I Gusti Bagus Manacika mewakili Direktur Utama, Dwi Satriyo Annurogo di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Di Gresik, Jawa Timur, Dwi Satriyo mengungkapkan pada Senin (14/10/2024) bahwa operasional gudang adalah salah satu kunci sukses Petrokimia Gresik dalam memenuhi amanah penyaluran pupuk bersubsidi ke seluruh Indonesia.

“Pengelolaan gudang yang efisien tidak hanya memastikan ketersediaan stok pupuk bersubsidi di pelosok negeri, tetapi juga sangat penting di saat-saat petani membutuhkannya,” kata Dwi Satriyo.

"Penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan pengelolaan gudang kami di tahun 2023, meliputi kegiatan dari pengantongan, pemeliharaan pergudangan, hingga jembatan timbang di Gudang Lini I Petrokimia Gresik," tambahnya.

Salah satu inovasi kunci yang mendukung efisiensi adalah sistem Warehouse Management System (WMS), sebuah aplikasi digital terintegrasi yang mencatat setiap aktivitas di gudang secara real time.

Senior Vice President (SVP) Pengelolaan Pergudangan dan Pelabuhan Petrokimia Gresik, I Gusti Bagus Manacika (kedua dari kiri) menerima penghargaan di ajang Indonesia Logistics Awards (ILA) 2024.

“Dengan sistem ini, setiap proses di gudang kami tercatat dan dipantau dengan ketat, yang tidak hanya berkontribusi pada penghematan biaya, tapi juga meminimalisir risiko kerusakan produk, sehingga kualitas pupuk yang diterima petani terjaga,” jelas Dwi Satriyo.

Lebih lanjut, Petrokimia Gresik telah mengimplementasikan Warehouse Maintenance Management System (WMMS), Digital Transport Management System (DTMS), dan Weighbridge Management System (WBMS) sebagai bagian dari Project Improvement.

Inovasi terkini, Customer Centric Excellence (2CE), memungkinkan pengoptimalan operasional gudang melalui perencanaan produksi dan penjualan yang lebih baik, yang dapat diakses dari mana saja.

"Digitalisasi dalam pengelolaan logistik di pabrik membantu Petrokimia Gresik dalam menjamin kelancaran perusahaan menyalurkan pupuk bersubsidi dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional. Inovasi pada rantai pasok yang kami lakukan merupakan upaya perusahaan untuk melindungi konsumen melalui produk yang berdaya saing dan terjamin ketersediaannya di pasaran," tutup Dwi Satriyo.

Ajang ILA 2024, yang diselenggarakan oleh Supply Chain Indonesia, bertujuan untuk memperkuat sistem logistik nasional, yang merupakan kunci penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #warehouse #operation #petrokimia #gresik #raih #best #performer #year #ajang #indonesia #logistics #awards #2024

KOMENTAR