Optimalkan Contact Center 151 Untuk Pelayanan Publik Sektor Transportasi
Potret kapal Siginjai sandar di Pelabuhan Kartini Jepara akibar cuaca buruk. (Sumber : Radar Kudus)
08:45
7 Februari 2024

Optimalkan Contact Center 151 Untuk Pelayanan Publik Sektor Transportasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan komunikasi tanpa batas dan setiap orang mudah terhubung satu sama lain. Perubahan ini juga berdampak pada peralihan model komunikasi publik dari konvensional menjadi pola komunikasi berbasis teknologi digital.

Perubahan ini dicermati Dirken Perhubungan Laut Kemenhub dengan menyelenggarakan acara Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 yang dilakukan di Padang.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan layanan Contact Center 151 di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. “Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” ucap Lollan.

Contact Center 151 merupakan salah satu media komunikasi yang dikelola oleh Kemenhub sebagai upaya dalam mengantisipasi perubahan teknologi informasi di era digilatisasi dimaksud, terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, langsung dan efektif.

Melalui layanan Contact Center 151 yang terintegrasi dengan aplikasi Omnix masyarakat dapat terhubung langsung untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan pertanyaan melalui media whatsapp messenger, telefon, maupun electronic mail (email) berkaitan dengan pelayanan di bidang transportasi laut.

Lollan menegaskan bahwa pelayanan melalui Contact Center 151 diharapkan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa menjadi media komunikasi langsung dengan masyarakat. Untuk itu, perlu adanya pernyiapan informasi dan pemantauan guna mendukung layanan Contact Center 151. Sehingga, perlu disiapkan petugas yang siaga untuk menjawab pertanyaan yang masuk melalui layanan Contact Center 151.

Sebagai informasi, bahwa Ditjen Perhubungan Laut tercatat menjadi subsektor di Kemenhub yang memiliki traffic tertinggi pada Contact Center 151 Kemenhub periode Januari hingga Desember 2023 sebanyak 5.174 tiket atau sebesar 36,86 persen dari total Traffic Contact Center 151.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #optimalkan #contact #center #untuk #pelayanan #publik #sektor #transportasi

KOMENTAR