Gara-gara Gibran, Mantan Mendag Eks Jokowi 'Adu Mulut' Soal Nikel
Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Tom Lembong kini berselisih paham soal Tesla pakai nikel atau tidak. Keduanya 'adu mulut' dengan argumen yang dibawa.
11:07
25 Januari 2024

Gara-gara Gibran, Mantan Mendag Eks Jokowi 'Adu Mulut' Soal Nikel

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Tom Lembong kini berselisih paham soal Tesla pakai nikel atau tidak. Keduanya 'adu mulut' dengan argumen yang dibawa.

Ini terjadi usai Gibran Rakabuming Raka Gibran menuding Tom Lembong melakukan pembohongan publik karena mengatakan bahwa produsen mobil listrik Tesla tak lagi menggunakan nikel sebagai bahan baku utama pembuatan baterai mereka dan lebih memilih Lithium Ferro Phosphate (LFP).

Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar beradu gagasan dengan Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat debat Capres-Cawapres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Mnggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar beradu gagasan dengan Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat debat Capres-Cawapres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Mnggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Hal tersebut dikatakan Gibran dalam Debat Keempat Cawapres pada Minggu malam lalu (21/1/2024).

Lutfi yang merupakan eks Mendag era Presiden SBY dan Jokowi, secara terang-terangan membela Gibran soal Tesla masih pakai nikel.

Lutfi memandang penggunaan baterai nikel jauh lebih efisien dibandingkan dengan Lithium Ferro Phosphate (LFP) yang selama ini digaungkan Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong.

"Tapi lu tahu nggak? Kalau nikel masih menjadi baterai pilihan produsen mobil listrik. Kenapa? Karena nikel itu lebih energi dense. Bisa muat lebih banyak energi, lebih kecil, dan lebih ringan juga jadi mobil Tesla-nya bisa pergi lebih jauh sekali charge," kata Lutfi dalam unggahan video di akun TikTok pribadinya dikutip Kamis (25/1/2024).

Berdasarkan data Badan Energi Internasional (IEA) yang dikutip Lutfi penggunaan nikel untuk bahan baku kendaraan listrik juga masih tertinggi, meskipun mengalami penurunan akhir-akhir ini.

"Data Badan Energi Internasional menunjukan pada tahun 2022, penggunaan nikel tetap menjadi komponen baterai listrik terbesar dengan pangsa pasar sebesar 60%. Sedangkan penggunaan baterai LFP pada mobil listrik hanya sebesar 27% pada tahun 2022," papar Lutfi.

Tom Lembong. (Instagram)Tom Lembong. (Instagram)

Tom Lembong sendiri sudah membantah tudingan anak Presiden Joko Widodo tersebut. Tom meminta Gibran untuk melihat lagi pernyataan lengkapnya dalam sebuah podcast itu.

"Saya kira harus dilihat lagi ya, yang saya sampaikan di podcast itu adalah semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok bukan semua mobil Tesla. Jadi semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok menggunakan LFP," kata Tom Lembong disitat dari program 'Your Money Your Vote' CNBC Indonesia, Senin (22/1/2024).

"Jadi mohon dilihat lagi podcast tersebut sangat jelas, tentu saya tahu mobil Tesla di Amerika pakai nikel," tambah Tom.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #gara #gara #gibran #mantan #mendag #jokowi #mulut #soal #nikel

KOMENTAR