Financial Freedom: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencapainya
Ilustrasi seseorang yang sudah mencapai financial freedom. (Freepik)
15:18
5 Oktober 2024

Financial Freedom: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencapainya

 

 

Kebebasan finansial atau yang sering disebut sebagai financial freedom adalah salah satu tujuan yang banyak diimpikan oleh orang.

Sederhananya, situasi ini membuat kita memiliki kendali penuh atas keuangan yang dimiliki.

Kita tidak perlu lagi tergantung pada pekerjaan atau gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup harian.

Dikutip dari The Balance (5/10), berikut dijelaskan pengertian financial freedom, manfaatnya, dan cara mencapainya. Simak penjelasannya!

Pengertian Financial Freedom

Financial Freedom adalah suatu kondisi di mana seseorang dapat hidup sesuai dengan keinginan mereka tanpa harus khawatir tentang masalah keuangan. 

Hal ini dikarenakan merekamemiliki cukup aset, investasi, dan sumber pendapatan pasif untuk menutupi semua biaya hidup.

Lantas, Seberapa Penting Financial Freedom Ini?

Jika sudah mengerti apa itu financial freedom, sekarang seberapa penting financial freedom bagi seseorang.

Mencapai financial freedom dapat melibatkan upaya jangka panjang, perencanaan keuangan yang bijak, dan keputusan investasi yang tepat. 

Banyak orang melihat financial freedom sebagai tujuan hidup yang memungkinkan mereka memiliki kendali lebih besar atas kehidupan mereka untuk mengurangi stres masalah keuangan.

Manfaat Financial Freedom

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang sudah mencapai financial freedom. 

Berikut ini adalah manfaat dari financial freedom yang perlu kamu ketahui:

1. Stabilitas Finansial

Maksud dari manfaat financial freedom yang pertama ini ialah kamu dapat mengalokasikan anggaran keuangan yang dimiliki pada tempatnya masing-masing secara efektif dan juga efisien.

Seseorang yang sudah stabil dalam ekonomi tidak akan kebingungan mengalokasikan uang mereka karena sebelumnya sudah merencanakan persentase pendapatan untuk keperluan-keperluan yang harus dianggarkan setiap bulannya

2. Independen dari Segi Keuangan

Manfaat yang bisa didapatkan lainnya adalah seseorang yang sudah mencapai financial freedom dapat independen dalam hal keuangan.

Hal ini atau seseorang yang sudah mencapai financial freedom akan bisa memenuhi kebutuhan pribadinya tanpa memerlukan bantuan dari pihak lain.

Contohnya adalah pada usia 25 ketika sudah memiliki pendapatan, bisa menabung dan mencukupi kebutuhan secara mandiri.

Dikarenakan hal tersebut, maka bisa dikatakan bahwa kamu adalah individu yang sudah mencapai financial freedom di usia muda.

3. Tidak Cemas Kondisi Finansial

Manfaat selanjutnya adalah ketika seseorang sudah mencapai financial freedom, maka mereka tidak perlu merasa cemas akan kondisi keuangan. 

Semua kebutuhan akan terpenuhi dan keinginan yang diimpikan juga sudah bisa tercapai.

Seseorang dengan kondisi finansial yang cukup mapan dan stabil dalam hal ekonomi akan bisa membeli kebutuhan sekunder atau bahkan tersier tanpa perlu mencemaskan kondisi keuangan setelah pembelian.

Cara Mencapai Financial Freedom

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk mencapai financial freedom. 

Namun perlu diingat bahwa dalam

mencapai financial freedom memerlukan perencanaan keuangan yang baik, disiplin, dan upaya konsisten. 

1. Lakukan Perencanaan Keuangan

Kamu bisa melakukan perencanaan keuangan yang matang. Hal ini memungkinkan dengan perencanaan keuangan yang tepat, akan menentukan seberapa lama financial freedom seseorang bisa tercapai.

Contohnya berapa persen kamu alokasikan untuk pengeluaran sehari-hari, berapa persen untuk tabungan dan dana darurat dan berapa persen untuk membayar utang atau cicilan jika ada.

2. Pahami Kebutuhan Saat Ini

Beberapa penghasilan tetap yang kamu dapatkan dan jumlah pengeluaran rutin setiap bulannya, apakah kamu memiliki cicilan atau utang atau tidak. 

Jika pengeluaran kamu lebih besar dibandingkan dengan penghasilan per bulan, maka kamu belum bisa mencapai financial freedom.

Kamu bisa mencari alternatif lain dengan mengurangi cicilan atau utang yang wajib kamu bayar atau bisa menambah jumlah penghasilan kamu.

3. Memiliki Tabungan yang Cukup

Selanjutnya adalah memiliki tabungan yang cukup untuk mencapai konsep financial freedom karena dana itu nantinya akan berguna untuk masa mendatang. 

Kamu bisa menggunakan fitur auto debit dari bank yang kamu gunakan agar rutin menabung setiap bulannya.

4. Berinvestasi

Kamu bisa melakukan investasi yang disesuaikan dengan profil risiko kamu. Jika kamu adalah seorang pemula dalam investasi maka kamu bisa memulainya dengan reksadana atau emas yang memiliki resiko yang lebih rendah.

Investasi bertujuan untuk mengembangkan aset baik secara riil atau yang bisa terlihat dan investasi secara finansial. Tentunya manfaat ini bisa kamu rasakan beberapa tahun kedepan.

5. Persiapan Dana Darurat

Dana darurat bisa dikatakan sebagai dana yang disimpan untuk membiayai kondisi yang tidak menentu kapan dan untuk apa digunakan. 

Dengan kata lain, dana darurat digunakan untuk membiayai kondisi yang tidak terduga seperti jika keluarga yang mendadak sakit atau jika mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau lain-lain.

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika kamu memiliki waktu dan tenaga lebih maka tidak ada salahnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai sumber. 

Misalnya kamu bisa menjalankan bisnis sampingan yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama kamu. 

Kamu bisa menjalankan usaha sampingan dengan memulai dari bisnis yang skalanya kecil.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #financial #freedom #pengertian #manfaat #cara #mencapainya

KOMENTAR